4 Kali Gunung Semeru Semburkan Abu Vulkanik

4 Kali Gunung Semeru Semburkan Abu Vulkanik

Erupsi 102 Detik di Gunung Semeru-fin/antara-

FIN.CO.ID - Gunung Semeru Jawa Timur telah mengeluarkan 4 kali abu vulkanik dengan tinggi 800 hingga 1.000 meter di atas puncang gunung tersebut. 

"Gunung Semeru telah mengalami empat kali erupsi pada hari ini dari sejak pukul 00.15 hingga 08.34 WIB. Dimana, kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah selatan,” ujar Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru Liswanto, Kamis, 25 April 2024. 

Dikatakan, erupsi pukul 00.15 WIB memiliki ketinggian abu sejauh 800 meter mengarah ke tenggara dan selatan. 

Kemudian, erupsi gunung Semeru kedua terjadi pada pukul 02.34 WIB dengan tinggia abu 800 meter ke arah barat daya. 

BACA JUGA:

“Erupsi ketiga terjadi pukul 06.35 WIB dengan tinggi abu mencapai 900 meter mengarah ke barat daya. Terakhir erupsi ke empat terjadi pada 08.34 WIB dengan tinggi abu 1.000 ke arah selatan,” jelas Liswanto. 

Dia mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara sejauh 13 kilometer dari puncak Gunung Semeru. 

Selain itu, Liswanto meminta masyarakat tidak melakukan aktivitas berjarak 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan. 

“Hal itu kita minta karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran hingga jarak 17 kilometer dari puncak. Potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu di puncak Gunung Semeru juga perlu diwaspadai,” pungkasnya. 

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: