Kesalahpahaman Diduga Jadi Pemicu Bentrokan Antara TNI dan Brimob di Sorong Papua Barat Daya

Kesalahpahaman Diduga Jadi Pemicu Bentrokan Antara TNI dan Brimob di Sorong Papua Barat Daya

Salah seorang dari TNI terluka akibat bentrikan TNI dengan Brimob dari Polda Papua.-FIN/Rafi Adhi Pratama/Disway Group-

FIN.CO.ID - Keributan antara personel TNI AL vs Brimob di Pelabuhan Sorong, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Minggu, 14 April 2024, diduga dipicu oleh kesalahpahaman. Sebelumnya diberitakan, bentrokan anggota TNI AL dan Personel Batalyon B Pelopor Brimob Polda Papua Barat terjadi sekitar pukul 09.30 WIT.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayor Jenderal TNI Nugraha Gumilar mengatakan, keributan terjadi di ruang tunggu kantor PT Pelindo Sorong, Papua Barat. Akibatnya, kata dia, sejumlah anggota TNI AL dan Polri mengalami lukadi bagian kepala.

BACA JUGA:

"Pada tanggal 14 April 24 pukul 09.30 di pintu masuk ruang tunggu keberangkatan kantor Pelindo IV Sorong, Papua Barat daya telah terjadi perkelahian antara anggota Brimob Polda Papua barat daya dan anggota TNI AL Marhanlan XIV /Sorong," katanya kepada wartawan, Minggu 14 April 2024.

Keributan, kata dia, terjadi diduga adanya kesalahpahaman. Diduga anggota Brimob itu ditegur anggota TNI AL.

"Penyebabnya terjadi kesalahpahaman antara anggota Brimob ditegur oleh anggota AL," katanya.

Akibat keributan itu, ada lima korban yang mengalami luka-luka. "Korban luka lima orang saat ini sudah di rawat di RS dan tindakan yang dilakukan masing-masing pimpinan mengendalikan anak buahnya dan melakukan mediasi," terangnya.

Sebelumnya, Minggu 14 April 2024 siang terjadi perkelahian diduga anggota Brimob vs TNI di pelabuhan Sorong. Video perkelahian tersebut diunggah di salah akun media sosial yang bernarasikan perkelahian antara Brimob dan TNI itu terjadi di Pelabuhan Sorong Papua.

Video itu viral di media sosial. Salah satunya di Facebook dan di-share akun Manado Viral. Dalam akun itu menyebutkan pada tanggal 14 April 2024 pukul 09.30 WIT terjadi keributan di pintu masuk ruang tunggu Keberangkatan Kantor Pelindo IV Sorong.

Dalam keributan tersebut, dikatakan terjadi pemukulan yang dilakukan oleh Yon Pelopor Brimob Polda Papua Barat Daya terhadap oknum Anggota Lantamal XIV/ Sorong yang sedang melaksanakan Jaga di Pelabuhan Pelni Sorong.

Pelabuhan sendiri berada di Jalan Yos Sudarso Kelurahan Kampung Baru Distrik Sorong Kota, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya. Selain itu juga dituliskan jika pelaku dan korban serta penyebab terjadinya aksi pemukulan masih didalami oleh anggota di lapangan.

Situasi saat ini di pelabuhan sebagian anggota Lantamal XIV/Sorong mendatangi Pelabuhan Pelni Sorong. Karena tidak terima dengan kejadian pemukulan yang dilakukan oleh oknum Brimob.

BACA JUGA:

(Rafi Adhi Pratama)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: