Iran Mulai Serang Israel, Puluhan Rudal dan Drone Diluncurkan

Iran Mulai Serang Israel, Puluhan Rudal dan Drone Diluncurkan

Seranga rudal--

FIN.CO.ID- Iran mulai melancarkan serangan balasan terhadap Israel pada hari Sabtu 13 April 2024. Serangan ini dinilai berisiko memicu konflik regional yang melibatkan pasukan militer AS.  

Iran lancarkan puluhan serangan rudal dan drone ke Israel. Ini menandai pertama kalinya Iran melancarkan serangan militer langsung terhadap negara Yahudi tersebut.

 Beberapa jam setelah serangan Iran dimulai, para pejabat AS mengatakan bahwa pasukan Amerika di wilayah tersebut telah menembak jatuh beberapa drone Iran dan juga berusaha menembak jatuh rudal Iran yang menuju Israel.

BACA JUGA:

"Pasukan AS di wilayah tersebut terus menembak jatuh drone yang diluncurkan Iran yang menargetkan Israel,” kata seorang pejabat AS. 

"Pasukan kami tetap siap untuk memberikan dukungan pertahanan tambahan dan melindungi pasukan AS yang beroperasi di wilayah tersebut" katanya. 

Serangan itu terjadi beberapa minggu setelah serangan Israel terhadap gedung konsulat Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, yang menewaskan dua jenderal dan lima perwira di Korps Garda Revolusi Iran, atau IRGC. 

Israel tidak bertanggung jawab atas serangan itu, namun Teheran bersumpah akan membalas dendam.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih Adrienne Watson mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Presiden Joe Biden mendapat informasi terbaru tentang situasi tersebut dari tim keamanan nasionalnya.  

BACA JUGA:

Selain itu, pernyataan itu mengatakan tim Biden terus melakukan kontak dengan para pejabat, mitra, dan sekutu Israel.

"Pasukan Amerika di Irak dan Suriah, serta kapal perang Amerika di wilayah tersebut, adalah bagian dari upaya untuk menggagalkan serangan Iran," kata para pejabat Amerika.  

Kapal-kapal tersebut termasuk USS Carney, kapal perusak yang terlibat dalam penghancuran rudal dan drone di Laut Merah yang ditembakkan oleh pasukan Houthi yang didukung Iran dari Yaman

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan pada upacara doa merayakan akhir bulan suci Ramadhan pada hari Rabu bahwa Israel harus dihukum, dan mereka akan dihukum.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: nbc news