Ramuan Jahe Cocok Dikonsumsi Saat Puasa dan Musim Hujan

Ramuan Jahe Cocok Dikonsumsi Saat Puasa dan Musim Hujan

Ilustrasi - Ramuan Jahe Cocok Dikonsumsi Saat Puasa dan Musim Hujan--(Google Photos)

FIN.CO.ID - Ramuan jahe cocok sekali dikonsumsi ketika menjalani ibadah puasa Ramadan dan saat di musim hujan.

Ramuan jahe tersebut bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena memiliki kandungan yang dapat mempercepat penyembuhan.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Inggrid Tania, M.Si.

"Minum ramuan-ramuan yang memiliki kandungan jahe bisa membantu badan agar lebih kuat dan tidak mudah terjangkit infeksi," ujarnya, di Jakarta, Kamis, 28 Maret 2024.

Inggrid mengatakan, ketika musim hujan dan dingin, kita membutuhkan minuman yang dapat memberikan kehangatannya ke tubuh kita dan menguatkan imunitas.

Jahe merupakan salah satu obat tradisional yang dipercaya dapat mempercepat penyembuhan masalah kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Oleh sebab itu, memiliki kandungan gingerol dan shogaol yang tinggi, jahe dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Inggrid menambahkan ramuan herbal yang mengandung jahe bisa mudah disiapkan sendiri di rumah karena bahan-bahannya mudah didapat.

Ramuan tersebut dapat bertindak sebagai imunomodulator, yaitu zat atau substansi yang membantu mengatur respons imun tubuh sehingga memperkuat pertahanan alami tubuh kita.

Untuk memperkuat daya tahan tubuh, Inggrid menyarankan membuat ramuan herbal yang terdiri dari 40 gram jahe, 3 gram daun teh hitam kering, 1 gram daun stevia kering, ketumbar, satu buah jeruk nipis, satu sendok teh madu dan air.

Ramuan jahe tersebut bisa dibuat dengan merebus 500 mililiter air sampai mendidih, kemudian masukkan jahe yang sudah diiris dan dikupas, dua sendok teh ketumbar yang sudah diulek kasar, daun teh kering dan daun stevia kering. Rebus bahan-bahan tersebut selama 10 sampai 15 menit.

Setelah mendidih, tuang ramuan jahe ke gelas, tambahkan madu dan perasan jeruk nipis. Setelah diaduk sampai merata, ramuan jahe tersebut bisa diminum.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: