Antisipasi Calo Tiket di Terminal Tanjung Priok Jelang Lebaran, Langkah Tegas Ini yang Dilakukan Dishub

Antisipasi Calo Tiket di Terminal Tanjung Priok Jelang Lebaran, Langkah Tegas Ini yang Dilakukan Dishub

Penumpang bus di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara-hasyim asyari-fin.co.id Diswaygrup

FIN.CO.ID - Calo tiket bus jelang puncak arus mudik lebaran bakal menjamur di setiap terminal baik di Jakarta maupun sejumlah daerah.

Dalam rangka mengatisipasi menjamurnya calo tiket bus, Dinas Perhubungan DKI Jakarta membuat aturan tegas di setiap terminal. Salah satunya di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kepala Komandan Regu Dinas Perhubungan Terminal Tanjung Priok, Achmad Suhiyat menyebut pihaknya telah mempunyai langkah mencegah calo tiket menjamur di terminal.

Salah satunya dengan cara bangun koordinasi antara Perusahaan Otobus (PO) dengan petugas dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta. 

Dengan begitu, Achmad Suhiyat S.Sos menilai kalau hal tersebut dapat memberantas praktik calo tiket saat mudik lebaran.

"Dengan demikian, saya mengimbau kepada seluruh PO untuk berkoordinasi dengan petugas terutama Dinas Perhubungan ataupun unsur dinas-dinas yang terkait dalam memberantasi praktek-praktek calo," tuturnya saat ditemui wartawan Disway.id di Terminal Tanjung Priok, Kamis 28 Maret 2024.

BACA JUGA:

"Yang utama contohnya tiket melambung tinggi kepada masyarakat yang sedang ingin menjelang momen-momen seperti ini (mudik lebaran 2024)" sambungnya.

Adapun tiket bus yang paling banyak diburu oleh masyarakat saat mudik lebaran 2024 kata Achmad Suhiyat S.Sos masih didominasi sekitar Pulau Jawa yakni seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Antara lain untuk saat ini ada Jawa Tengah dan Jawa Timur," ujarnya.

Sayangnya, untuk tiket bus yang melayani rute Pulau Jawa di Terminal Tanjung Priok dibatasi jumlahnya. Terutama, pada tiket perjalanan mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta khususnya Dinas Perhubungan.

"Untuk tiket ini untuk sementara dibatasi ya, terutama yang gratis dari pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta khususnya Dinas Perhubungan itu berdasarkan kuota," pungkasnya.

Kerahkan 145 Armada Bus

Menyambut arus mudik Lebaran 2024, Terminal Tanjung Priok mengerahkan sebanyak 145 armada bus layak jalan untuk mengangkut masyarakat yang ingin pulang kampung.

Achmad Suhiyat mengatakan rute yang disediakan diantaranya tujuan Merak Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, hingga Jawa Barat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: