Jamin Kesehatan Hewan Ternak Jelang Lebaran, DPKP Tangerang: 6.000 Populasi Sapi Lokal Sudah Divaksinasi

Jamin Kesehatan Hewan Ternak Jelang Lebaran, DPKP Tangerang: 6.000 Populasi Sapi Lokal Sudah Divaksinasi

Petugas Kesehatan Hewan Dari Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang Saat Melakukan Vaksinasi PMK Pada Hewan Ternak Milik Petani-Rikhi Ferdian-fin.co.id

FIN.CO.ID - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang memastikan kesehatan hewan ternak yang dijual menjelang Idul Fitri 1445 H relatif aman.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner drh Joko Ismadi menjamin kesehatan hewan ternak seperti sapi, kerbau, hingga ayam yang dagingnya dijual jelang lebaran aman dikonsumsi masyarakat.

"Saya pastikan dari segi kesehatan semuanya aman. Layak konsumsi," terangnya kepada FIN, Rabu, 27 Maret 2024.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya juga telah memeriksa kesehatan dan memberikan vaksinasi kepada sekitar 6.000 populasi sapi khususnya milik peternak lokal yang ada di daerah itu.

Sementara, untuk hewan ternak yang datang dari luar daerah ia mengungkapkan, bahwa saat ini prosedur pengiriman sapi dari luar kota sudah sangat ketat serta harus mendapat izin dari Pemprov Banten.

"Jadi kalau sudah layak kirim atau secara kesehatan sudah dipastikan aman, barulah si peternak dari luar daerah ini bisa mengirimkan sapinya ke wilayah Kabupaten Tangerang," jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga rutin menerjunkan tim kesehatan hewan baik ke pasar maupun ke rumah potong hewan (RPH) untik melakukan sterilisasi. Sehingga, hewan ternak yang memiliki penyakit dapat segera terdeteksi. 

Meski begitu, menurutnya saat ini kasus penyakit pada hewan ternak sudah melandai. Sehingga masyarakat sudah tidak perlu khawatir lagi. 

"Kami pastikan daging sapi maupun hewan ternak lainnya yang dagingnya dijual jelang lebaran ini semuanya aman (layak konsumsi)," tandasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: