Kecanduan Gadget? Simak Cara Menguranginya

Kecanduan Gadget? Simak Cara Menguranginya

Ketergantungan pada gadget dapat memberikan dampak buruk bagi kehidupan anda. Oleh karena itu, diet terhadap gadget dan teknologi sangat diperlukan. Foto Pixabay--

FIN.CO.ID - Teknologi kini semakin canggih dan terus berkembang. Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi, termasuk kehadiran teknologi gadget, mempunyai sisi positif dan negatif.

Ketergantungan pada gadget dapat memberikan dampak buruk bagi kehidupan anda. Oleh karena itu, diet terhadap gadget dan teknologi sangat diperlukan.

Ikuti tips diet gadget berikut ini, atau kurangi penggunaan gadget.

1. Jauhkan Gadget Saat Bertemu Bersama Keluarga

BACA JUGA:

Saat bertemu dengan keluarga, usahakan untuk menikmati momen semaksimal mungkin  tanpa terganggu oleh gadget.

Jika Anda bermain sendirian di ponsel cerdas Anda, Anda tidak akan dapat menghubungi keluarga Anda.

Hal ini membuat Anda dan orang lain sulit untuk memahami satu sama lain, dan tampaknya ada jarak antara Anda dan orang lain hingga ketidakpedulian terhadap keluarga Anda.

Hargai waktu bersama keluarga dan dengarkan cerita dari berbagai  keluarga. Dengan mendekatkan diri pada keluarga dan menjauhi ponsel pintar untuk sementara waktu, ikatan kekeluargaan akan semakin kuat.

2. Batasi Penggunaan Gadget dan Pertahankan Hari Bebas Gadget

BACA JUGA:

Batasi jumlah waktu yang boleh dan tidak boleh Anda pegang ponsel cerdas Anda. Kurangi penggunaan gadget secara bertahap pada awalnya, kemudian perbanyak waktu tanpa gadget.


Anda dapat meminta hari “bebas gadget”. Gadget sama sekali tidak diperlukan pada hari ini. Untuk melakukannya, aktifkan mode pesawat atau matikan gadget Anda.

3. Letakkan Perangkat Anda di Ruangan Lain saat Tidur

Yang biasa dilakukan orang  saat hendak tidur  adalah melihat ponsel pintarnya. Meskipun pada awalnya Anda hanya ingin memeriksa media sosial, lama kelamaan Anda mungkin akan ketagihan dan  menghabiskan waktu berjam-jam di ponsel.

4. Kurangi Aplikasi Media Sosial dan Game

BACA JUGA:

Semakin banyak aplikasi yang digunakan maka kinerja smartphone akan semakin lambat dan baterai akan semakin cepat terkuras.

Media sosial dan game merupakan aplikasi yang sering kali membuat kita ketagihan. Membuka media sosial atau game bisa memakan waktu berjam-jam tanpa Anda sadari.

Buang-buang waktu saja jika hanya membuka informasi yang menurut Anda tidak penting.

Kami menyarankan Anda menginstal beberapa aplikasi  yang sering Anda gunakan dan sangat Anda perlukan.

Boleh saja menelusuri media sosial jika Anda ingin melihat informasi berguna atau bermain game, namun Anda perlu berhati-hati dengan waktu Anda.

BACA JUGA:

5. Menonaktifkan Notifikasi dan Internet

Internet memberikan akses mudah ke berbagai notifikasi dan update untuk gadget Anda. Hal ini menambah jumlah notifikasi yang masuk dan membuat sulit untuk lepas dari gadget.

Saat belajar atau bekerja, anda dapat mematikan jaringan internet  agar lebih konsentrasi.

Namun, jika Anda benar-benar perlu tetap berhubungan dengan orang-orang penting, seperti keluarga atau kolega, Anda dapat mengatur notifikasi khusus untuk membantu Anda tetap berhubungan.

6. Lakukan Aktivitas Lain

BACA JUGA:

Saat sedang berlibur atau bosan, gadget bisa membantu Anda melepaskan diri. Sebenarnya masih banyak aktivitas lain yang  lebih nyaman, tergantung kebutuhan Anda.

Misalnya menekuni hobi, jalan-jalan santai, jalan-jalan ke destinasi wisata, atau memulai hobi baru.

7. Jangan Melihat Waktu di Smartphone Anda

Memeriksa waktu di ponsel cerdas Anda mengganggu dan memaksa Anda menjelajahi berbagai aplikasi. Sebaiknya menggunakan jam, jam dinding, atau jam meja.

8. Menggunakan Buku Catatan Berukuran Kecil

BACA JUGA:

Untuk menuliskan hal-hal penting, biasanya kita menggunakan fitur memo yang ada di smartphone kita. Namun, jika Anda ingin diet gadget, Anda bisa menambahkan pulpen dan spidol warna-warni pada buku catatan atau buku catatan kecil Anda agar lebih cantik dan kreatif.

9. Simpan Gadget di Tas atau Tinggalkan di Rumah saat Bepergian

Bepergian tanpa  smartphone biasanya  terasa aneh. Karena gadget biasanya  digunakan untuk scroll media sosial, update story, foto, dan lain-lain agar tidak bosan.

Namun, jika Anda ingin diet gadget, Anda bisa menyimpan smartphone di saku sehingga tidak perlu terus-menerus mengeceknya.

Jika Anda tidak keluar terlalu lama, Anda tidak boleh membawa ponsel cerdas atau meninggalkannya di rumah.

BACA JUGA:

10. Konsisten dengan Tujuan

Setiap kali Anda merasa ingin terluka, pikirkan tujuan Anda. Jika Anda ingat dampak negatif kecanduan gadget, Anda bisa tetap menjalankan diet gadget secara konsisten.

Gadget Diet membutuhkan waktu dan kesabaran, jadi lakukan perlahan dan nikmati setiap prosesnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Lovvi Malino

Tentang Penulis

Sumber: