6 ASN Kemenhub Dipanggil KPK Soal Kasus Korupsi Ditjen Perkeretaapian

6 ASN Kemenhub Dipanggil KPK Soal Kasus Korupsi Ditjen Perkeretaapian

Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.-FIN/Dok-

fin.co.id - Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini memanggil enam aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai saksi dalam pengembangan penyidikan dugaan suap di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

"Hari ini bertempat di Gedung Merah Putih KPK, tim penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi-saksi dari ASN Kemenhub," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Ali mengungkapkan para saksi tersebut yakni Anjar Himawan, Heri Supadiman, Heni Purwaningtyas, Albertus Dito, Wening Nurwahyuni, dan Dania Prawina Sari.

Namun dia belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai apa saja peran para saksi dalam perkara tersebut, ataupun soal materi yang akan didalami dalam pemeriksaan terhadap para saksi tersebut.

Juru bicara KPK berlatar belakang jaksa itu menambahkan bahwa keenam saksi tersebut diperiksa untuk perkara yang melibatkan dua tersangka baru dalam rangkaian kasus korupsi tersebut.

Penyidik KPK pada Senin (22/1) mengumumkan telah menetapkan dua tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi suap di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

Dua tersangka baru tersebut berstatus sebagai aparatur sipil negara dari instansi Kementerian Perhubungan dan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

"Iya benar, dua ASN tersebut berasal dari Kemenhub dan BPK RI," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Meski demikian, Ali belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai siapa saja pihak yang ditetapkan sebagai tersangka korupsi DJKA itu, termasuk perannya dalam kasus tersebut.

KPK nantinya akan mengumumkan secara resmi siapa saja pihak yang ditetapkan sebagai tersangka korupsi DJKA beserta konstruksi perkara dan pasal yang disangkakan.

Ali menjelaskan penetapan tersangka baru korupsi DJKA tersebut dilakukan atas temuan fakta hukum dalam persidangan salah satu terpidana dalam kasus tersebut.

Sebelumnya, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 11 April 2023 melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terkait dugaan korupsi di Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah Direktorat Jenderal Kereta Api (DJKA) Kemenhub.

KPK lantas menetapkan 10 orang tersangka yang langsung ditahan terkait dengan kasus dugaan korupsi proyek pembangunan dan perbaikan rel kereta api di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Para tersangka tersebut terdiri atas empat pihak yang diduga sebagai pemberi suap, yakni Direktur PT IPA (Istana Putra Agung) Dion Renato Sugiarto (DRS), Direktur PT DF (Dwifarita Fajarkharisma) Muchamad Hikmat (MUH), Direktur PT KA Manajemen Properti sampai Februari 2023 Yoseph Ibrahim (YOS), VP PT KA Manajemen Properti Parjono (PAR), dan Direktur PT Bhakti Karya Utama Asta Danika (AD).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: