5 Tips Jaga Kesehatan Mata untuk Pekerja Kantoran

5 Tips Jaga Kesehatan Mata untuk Pekerja Kantoran

Ada beragam tips menjaga kesehatan mata bagi pekerja kantoran. Foto Pixabay--

FIN.CO.ID - Ada beragam tips menjaga kesehatan mata bagi pekerja kantoran. Bagi pekerja kantoran yang aktif bekerja di depan layar komputer, menjaga kesehatan mata sangat penting agar terhindar dari penyakit mata rabun atau myopia.

Mata lelah, kering, atau tegang biasanya terjadi pada orang yang duduk di depan layar komputer dalam jangka waktu lama. Memang benar menatap cahaya  layar komputer dalam jangka waktu lama bisa berdampak besar pada kesehatan mata.

Nah, berikut lima tips yang harus diperhatikan para pekerja kantoran agar tetap menjaga kesehatan mata dan terhindar dari rabun jauh dan rabun jauh.

BACA JUGA:


1. Sesuaikan Posisi Duduk

Tips pertama yang bisa dilakukan pekerja kantoran adalah dengan mengatur posisi duduknya. Usahakan duduk agar layar komputer tidak terlalu dekat dengan Anda.

Jarak antara layar komputer dan mata Anda minimal harus 30 inci agar tidak terlalu berdekatan selama penggunaan seharian. Melihat layar komputer terlalu dekat dapat membuat mata cepat lelah dan sakit kepala.

BACA JUGA:

2. Berhenti Melihat Layar Komputer Anda
  
Tips menjaga kesehatan mata bagi pekerja kantoran yang kedua adalah berhenti melihat layar komputer dan istirahat.
  
Hati-hati jangan terlalu lama menatap layar komputer saat bekerja. Oleh karena itu, penting untuk beristirahat saat melihat layar komputer.
  
Karyawan menghabiskan waktu tidak lebih dari kurang lebih 20 menit menatap layar komputer. Untuk menghindari gejala gugup dan mudah tersinggung, berpalinglah setelah bermain komputer.

3. Melakukan Senam Mata

BACA JUGA:

Pilihan ketiga adalah melakukan senam mata setelah selesai bekerja di depan komputer. Gerakkan mata Anda ke atas, bawah, kiri dan kanan sekitar 10 kali dengan kecepatan agak cepat.

Tujuannya agar otot mata tidak tegang setelah bermain komputer. Selain menggerakkan mata, mengedipkan mata beberapa kali dengan cepat juga sangat efektif menenangkan saraf.

4. Gunakan Kacamata Safety

Tips keempat adalah gunakan kacamata safety untuk memantulkan cahaya dari komputer anda. Kacamata pengaman melindungi mata Anda secara langsung dari cahaya komputer.

BACA JUGA:

5. Redupkan Lampu Komputer

Tips yang kelima adalah meredupkan lampu komputer agar mata tidak cepat stres atau lelah. Jika lampu komputer terlalu terang, mata saya menjadi tegang dan mata saya menjadi merah.

Oleh karena itu, karyawan dapat mengatur intensitas cahaya pada layar komputer sebelum digunakan.

Itulah lima tips yang harus diperhatikan pekerja kantoran untuk menjaga kesehatan mata dan terhindar dari miopia dan miopia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Lovvi Malino

Tentang Penulis

Sumber: