Gempa Tuban Magnitudo 6.1, Sejumlah Daerah di Pulau Jawa Bergetar

Gempa Tuban Magnitudo 6.1, Sejumlah Daerah di Pulau Jawa Bergetar

Gempa Berkekuatan M 6,1 hantam Tuban Jawa Timur--freepik.com

FIN.CO.ID - Gempa bumi dengan magnitudo 6.1 di Tuban, Jawa Timur, Jumat, 22 Maret 2024 pukul 11.22 WIB ternyata menggetarkan sejumlah wilayah di Pulau Jawa.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan sejumlah daerah di Pulau Jawa mengalami getaran berkekuatan skala intensitas III-IV MMI. 

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Daryono mengatakan, skala intensitas III-IV (MII) itu berarti getaran gempa dirasakan semua orang di dalam rumah. Bahkan, hingga benda berat bergoyang dan kerusakan ringan pada bangunan.

“Satu aktivitas gempa susulan terjadi lagi. Yakni dengan magnitudo 4,4 terjadi hingga pukul 11.50 WIB,” kata Daryono Jumat, 22 Maret 2024.

BACA JUGA:Deretan 20 Gempa Susulan Guncang Tuban, Akibatnya Rumah Sakit dan Sekolah di Gresik dan Tuban Rusak

BACA JUGA: Gempa Berkekuatan M 6,0 Hantam Tuban Jawa Timur, Tidak Berpotensi Tsunami

Adapun dampak getaran dengan skala intensitas tersebut dirasakan masyarakat di Jawa Tengah meliputi Bawean, Jepara. Kemudian Kudus, Semarang, Blora, dan Pekalongan. 

Masyarakat di Jawa Timur juga merasakan getaran yang sama, utamanya di wilayah Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek. Kemudian, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang serta di wilayah D.I Yogyakarta.

Menurutnya, rentetan gempa bumi tektonik tersebut berjenis gempa dangkal yang terjadi karena adanya aktivitas sesar aktif di laut Jawa. Hasil analisis mekanisme sumber yang menunjukkan pergerakan geser dalam proses tersebut.

Dia memastikan hasil analisa gempa bumi tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Namun, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya di luar dari BMKG.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: