Buruan Daftar! Putra Daerah Punya Kesempatan Jadi ASN IKN

Buruan Daftar! Putra Daerah Punya Kesempatan Jadi ASN IKN

Putra Daerah Punya Kesempatan Jadi ASN IKN-fin/diolah-

FIN.CO.ID - Formasi khusus Aparatur Sipil Negara (ASN) 2024 untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) telah dibuka oleh pemerintah. Kuotanya lebih dari 225.000.

Dari jumlah tersebut, ada prioritas bagi putra daerah untuk direkrut sebagai ASN di IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. 

"Presiden memberi arahan bahwa formasi ini untuk IKN dan itu wajib untuk perpindahan IKN secara kontinyu. Khusus untuk IKN kami juga telah mengajukan permohonan untuk memberikan kesempatan kepada putra daerah agar bisa direkrut sebagai ASN," kata MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas, Minggu, 17 Maret 2024.

Menurutnya, selain untuk IKN, peluang masyarakat untuk menjadi ASN atau Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) juga sangat besar. 

BACA JUGA:

Jika sebelumnya, seleksi CPNS hanya dilakukan satu kali dalam setahun, mulai tahun 2024 ini akan dilakukan tiga kali dalam setahun.

"Sehingga memberi kesempatan bagi mereka atau instansi yang belum terpenuhi kebutuhannya. Sehingga kami lakukan tiga kali dalam setahun," papar Anas.

Dia mengatakan, seluruh tenaga horoner di Indonesia yang telah terdaftar dalam database akan dituntaskan pada tahun 2024. Karena itu, Azwar Anas minta bupati atau kepala daerah agar mengkhususkan formasi bagi yang sudah masuk daftar database di BKN Pusat.

Diketahui, jumlah tenaga honorer yang terdaftar di BKN Pusat yakni sekitar 2,3 juta. Namun, saat ini tersisa 1,7 juta tenaga honorer. 

”Untuk jumlah ini kita selesaikan di tahun 2024 selambat-lambatnya Desember mendatang. Jika ada data yang tidak adil silakan ke pemda masing-masing," tutur Anas.

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: