Ramadan Madrasah bagi Umat Islam, Wapres: Optimalkan Ibadah kepada Allah SWT

Ramadan Madrasah bagi Umat Islam, Wapres: Optimalkan Ibadah kepada Allah SWT

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan, Ramadan merupakan madrasah bagi umat Islam.-FIN/Antara-

FIN.CO.ID - Bulan Ramadan dinilai sebagai madrasah atau sekolah untuk umat Islam melakukan pendidikan diri dalam rangka mencapai penyucian dan pemurnian jiwa. Hal itu disampaikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

"Persiapan fisik maupun mental perlu dilakukan umat Islam dalam menyambut bulan Ramadan karena umat Islam akan berpuasa dan mengoptimalkan ibadah kepada Allah SWT. Persiapan mental dilakukan dengan menyucikan niat bahwa ibadah kita semata-mata untuk menjadikan kita insan yang bertakwa," kata Ma'ruf melalui keterangan video, Senin 11 Maret 2024.

BACA JUGA:

Dia mengatakan, terdapat tiga manfaat dari ibadah puasa yang dilaksanakan. Pertama, manfaat kejiwaan atau spiritual.

"Di mana kita melakukan pembiasaan diri untuk bersikap sabar menahan hawa nafsu. Hal ini penting karena semua manusia mempunyai nafsu dan nafsu akan membawa manusia untuk melakukan perbuatan yang buruk dan puasa adalah salah satu cara yang efektif untuk mengendalikannya," tuturnya.

Manfaat kedua dari ibadah puasa ialah sosial kemasyarakatan. Kemudian, sambungnya, soal kedisiplinan.

"Di mana kita melakukan pembiasaan diri untuk bersikap tertib, disiplin, dan setara dengan umat yang lain tanpa melihat status sosial masyarakat," tuturnya.

Manfaat terakhir, kata dia, terkait dengan kesehatan. "Di mana kita melakukan pembiasaan diri untuk membersihkan organ-organ, dalam sebuah hadis dikatakan puasa-lah kamu dan kamu akan menjadi sehat," kata Ma'ruf.

Dia mengatakan, bangsa Indonesia belum lama ini melewati pesta demokrasi Pemilu 2024 yang terlaksana dengan aman dan damai. Kendati demikian, dia mengingatkan, gelaran pemilu pasti akan melahirkan perbedaan pilihan dan pandangan.

"Tetapi kita tidak boleh membiarkan pemilu atau apapun menjadi alasan retaknya tali persaudaraan antara sesama muslim dan sesama bangsa," kata orang nomor dua di Indonesia ini.

maka itu, menurut dia, Ramadan menjadi momen yang pas untuk mempererat silaturahim. Kemudian, sambungnya, memperkokoh Ukhuwah Islamiyah, persaudaraan antar umat Islam, persaudaraan antara sesama bangsa, dan persaudaraan antara sesama manusia.

BACA JUGA:

"Saya mengajak kita semua untuk menyelipkan dalam ibadah Ramadan. Kita doa kepada Allah SWT untuk keselamatan dan kemajuan negara Indonesia yang tercinta dan mari kita sambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah dengan gembira dan keimanan serta niat yang lurus. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan inayah-nya dan ridho-nya serta menjadikan Ramadan tahun ini sebagai Ramadan terbaik bagi kita semua," tuturnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: