Ucapkan 'Rahajeng Rahina Nyepi 2024', Jokowi: Semoga Umat Hindu Diberi Kelancaran Jalankan Catur Brata Penyepian

Ucapkan 'Rahajeng Rahina Nyepi 2024', Jokowi: Semoga Umat Hindu Diberi Kelancaran Jalankan Catur Brata Penyepian

Presiden Jokowi --

FIN.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan Hari Raya Nyepi Warsa Anyar Caka 1946 kepada umat Hindu.

"Rahajeng Rahina Nyepi 2024. Warsa Anyar Caka 1946," tulis Jokowi melalui akun media sosial Instagramnya @jokowi, Senin, 11 Maret 2024.

Jokowi mendoakan kepada umat Hindu diberi kelancaran dalam melaksanakan Catur Brata Penyepian yang dilakukan selama satu hari penuh.

"Pada Hari Raya Nyepi yang suci ini semoga diberikan kelancaran dalam melaksanakan Catur Brata Penyepian untuk kita semua, khususnya umat Hindu di mana pun berada," sambungnya.

Diketahui, Nyepi adalah Hari Raya Suci bagi umat Hindu di Bali yang tahun ini perayaannya jatuh pada Senin, 11 Maret 2024. 

Momen Nyepi ini menjadi waktu untuk melakukan introspeksi diri, bersemedi, merefleksikan kehidupan, dan berdamai dengan alam semesta.

BACA JUGA:

Selain itu, pada hari Nyepi umat Hindu Bali biasanya akan melakukan berbagai ritual dan tradisi yang sudah turun temurun. Salah satunya upacara adat mulai dari melasti hingga ngambak geni.

Hari raya ini akan dilaksanakan selama satu hari penuh atau selama 24 jam. Dimulai dari pukul 6 pagi hingga pukul 6 pagi keesokan harinya.

Selama periode ini, umat Hindu di Bali dan seluruh Indonesia dianjurkan untuk menjaga kesunyian, menghentikan semua kegiatan duniawi, dan merenung secara mendalam.(anisha aprilia)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: