Tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang Mohamed Bin Zayed Naik, Segini Harga Terbarunya

Tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang Mohamed Bin Zayed Naik, Segini Harga Terbarunya

Tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang Mohamed Bin Zayed Naik--

FIN.CO.ID- Tarif integrasi pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang Mohamed Bin Zayed, mulai 9 Maret 2024 pukul 00.00 WIB akan diberlakukan penyesuaian tarif. Hal ini guna meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan. 

PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) telah melakukan penambahan lajur pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan menyediakan fasilitas Emergancy Parking Bay di Jalan Layang MBZ.

Penyesuaian tarif ini berdasarkan pertimbangan inflasi untuk Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari periode September 2016 hingga Desember 2023 serta hitungan inflasi untuk segmen Jalan Layang MBZ mulai periode Oktober 2020 hingga Desember 2023. 

BACA JUGA:

Adanya penambahan kapasitas lajur Jalan Tol Jakarta-Cikampek telah dilaksanakan pada periode Tahun 2022 hingga 2023 lalu yaitu dengan peningkatan kapasitas jalan tol dari 3 lajur menjadi 4 lajur sepanjang 18,2 Km. 

Peningkatan kapasitas ini guna meningkatkan kelancaran dengan mengurai kepadatan kendaraan setelah KM 48 arah Cikampek akibat pertemuan 2 arus lalu lintas kendaraan dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ. 

Selain itu, peningkatan layanan juga dilakukan di Jalan Layang MBZ dengan menyediakan emergency parking bay di 4 titik lokasi yaitu KM 21 dan KM 41 arah Cikampek serta KM 40 dan KM 22 arah Jakarta. 

Semua ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan pengamanan pengguna jalan saat terjadi kondisi darurat di tol layang. 

Penyesuaian tarif tol telah diatur dalam Pasal 48 ayat (3 dan 4) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan yang menyebutkan bahwa selain evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 tahun sekali. 

Evaluasi dan penyesuaian dapat dilakukan untuk penambahan lingkup di luar rencana usaha yang mempengaruhi kelayakan investasi jalan tol. 

BACA JUGA:

Besaran penyesuaian tarif integrasi jarak terjauh dengan sistem terbuka pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ adalah sebagai berikut: 

(Jakarta Interchange – Cikampek)

Golongan I : Rp27.000,-  yang semula Rp20.000,-

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: