Harga Beras di Jakarta Turun, Stok di Pasar Induk Cipinang 32.000 Ton

Harga Beras di Jakarta Turun, Stok di Pasar Induk Cipinang 32.000 Ton

Pedagang beras di pasar tradisional-Ayu Novita -fin.co.id Disway Grup

FIN.CO.IDHarga beras di Pasar Induk Cipinang turun sebesar Rp2.000 per kilogram (kg) dalam dua pekan terakhir. Hal itu disampaikan oleh Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) DKI Jakarta.

"Hari ini turun Rp200," kata Ketua Perpadi DKI Jakarta Nellys Soekidi kepada wartawan di Jakarta, Senin 4 Maret 2024.

BACA JUGA:

Nellys menjelaskan, sedangkan harga beras medium di Pasar Induk saat ini yakni Rp12.300 per kg. Sedangkan beras premium dibanderol dengan harga Rp14.000 per kg.

Harga ini semakin turun jika dibandingkan dengan Selasa 20 Februari 2024 saat harga beras di Pasar Induk Cipinang mengalami penurunan mencapai Rp1.000 per kg. Penurunan harga terjadi di semua jenis beras mulai dari medium hingga premium di kisaran Rp700-1.000 per kg.

Satuan Tugas (Satgas) Pangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus melakukan pemantauan stok, harga, dan mutu beras di Jakarta secara rutin menjelang bulan suci Ramadan 1445 Hijriah.

Pemprov DKI Jakarta juga mengendalikan inflasi melalui kegiatan sembako murah. Yakni masyarakat membeli paket sembako seharga Rp100.000 terdiri dari beras lima kg, gula pasir satu kg, tepung terigu satu kg serta minyak goreng dua liter.

Pemprov DKI Jakarta bersama Pemerintah Pusat seperti Kementerian Pertanian, Badan Pangan Nasional, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Perum Bulog, dan ID Food juga melakukan upaya pengendalian harga.

Hal itu diwujudkan melalui penyaluran beras program Stabilisasi Pasokan Harga Pasar (SPHP) kualitas medium ke masyarakat dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp54.500 per kantong berisi lima kg di toko-toko beras dan pasar moderen.

Dia mengatakan, harga beras turun karena panen raya akan berlangsung Maret ini. Karena itu diharapkan masyarakat tak perlu khawatir.

BACA JUGA:

Meski begitu, dia berharap harga gabah basah tidak anjlok ketika panen raya tiba. "Petani jangan sampai rugi," katanya yang menyebutkan bahwa saat ini stok beras di Cipinang sebanyak 32.000 ton.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: