24 Ide Bisnis Franchise Terlaris, Punya Usaha Lebih Mudah dan Menguntungkan

24 Ide Bisnis Franchise Terlaris, Punya Usaha Lebih Mudah dan Menguntungkan

Ini Dia Bisnis Franchise, Contoh Terkenal dan Keuntungannya-Sumber: FIN/PINTEREST-

FIN.CO.ID - Berikut ini akan membagikan ide bisnis franchise yang bisa menguntungkan kalian dengan mudah.

Ada berbagai ide bisnis franchise seperti kaki lima, gerai ritel, warung kaki lima, dan masih banyak lainnya.

Sebagian orang terjung ke dunia bisnis melalui model bisnis franchise sebagai cara untuk memulai usaha dengan mudah.

Contoh bisnis franchinse seperti Mc Donald;s, Subway, Alfamart, dan masih ada lainnya. Lalu bagaiaman cara memperoleh keuntung dan modal usaha franchise? Berikut ini akan membahasnya yang dilansir dari berbagai sumber.

BACA JUGA:

Apa itu Franchise?

Franchise adalah sistem di mana seseorang atau entitas bisnis diberi hak untuk menggunakan, memproduksi, atau menjual suatu merek dari pemiliknya.

Menurut Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), franchise adalah konsep pemasaran yang berkembang menjadi strategi bisnis untuk memperluas usaha.

Dalam bahasa Indonesia, istilah franchise sering disebut sebagai waralaba. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), waralaba adalah kerjasama usaha di mana hasilnya dibagi sesuai kesepakatan. Dalam bisnis franchise, dua istilah utama yang digunakan adalah franchisor (pemilik merek usaha) dan franchisee (mitra usaha).

Dalam praktiknya, pemilik merek dagang akan memberikan dukungan kepada mitra usaha dengan memberikan hak penggunaan material yang terkait dengan merek dagang tersebut.

Mitra usaha kemudian diwajibkan untuk membayar biaya dan royalti kepada pemilik merek sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Bisnis franchise di Indonesia mencakup berbagai bidang seperti makanan dan minuman, ritel, hotel, kafe, restoran, dan jasa logistik. Anda dapat memilih jenis franchise berdasarkan peluang usaha di sekitar Anda dan kemampuan modal yang dimiliki. Sebagai contoh, dalam sektor makanan dan minuman, franchise es teh dan ayam goreng merupakan pilihan yang sederhana dan umum dijumpai di masyarakat.

BACA JUGA:

Contoh bisnis franchise minuman termasuk Es Teh Poci, Teh Manis Jumbo Indonesia, dan Es Teh Nusantara, sedangkan untuk franchise ayam goreng termasuk D'Kriuk, Sabana, dan Hisana. Selain merek dagang asli Indonesia, beberapa franchise berasal dari luar negeri seperti Pizza Hut, KFC, A&W, dan McDonald's.

Berikut adalah beberapa jenis dan contoh bisnis franchise yang dapat menjadi pilihan untuk memulai usaha Anda:

Gerai Ritel:

Indomaret

Alfamart

 Lawson

Alfamidi

Minuman dan Makanan:

Kopi Kenangan

Chatime

 Xi Bo Ba

 Es Teh Indonesia

Kebab Baba Rafi

 J.Co

Restoran Cepat Saji:

Pizza Hut

Domino's Pizza

KFC

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mega Oktaviana

Tentang Penulis

Sumber: