Pengendara Wajib Baca! Empat Cara Mengatasi Kaca Helm yang Berembun Saat Berkendara dalam Kondisi Hujan

Pengendara Wajib Baca! Empat Cara Mengatasi Kaca Helm yang Berembun Saat Berkendara dalam Kondisi Hujan

Ilustrasi hujan--

FIN.CO.ID - Berkendara sepeda motor di jalan raya wajib menggunakan helm sebagai perangkat keselamatan berkendara. Helm berfungsi melindungi seluruh bagian kepala dari benturan ketika mengalami kecelakaan.

Nah saat mengenakan helm, visibilitas harus baik agar tidak mengganggu pandangan dan konsentrasi ketika berkendara.  Tapi dalam kondisi hujan, kendala yang kerap dialami pengendara adalah kaca helm yang berembun.

Penyebabnya, karena perbedaan suhu dimana hujan menyebabkan suhu di luar helm yang dingin. Sebaliknya di dalam helm lebih hangat apalagi ditambah dengan hembusan nafas dari pengendara.

Jika embun yang menempel pada kaca helm dibiarkan maka berpotensi menyebabkan kecelakaan. Lantas bagaimana mengatasi masalah ini? Yuk simak caranya di bawah ini:

BACA JUGA:

1. Buka kaca helm

Cara pertama merupakan cara paling mudah. Kaca helm harus tertutup rapat saat digunakan. Tapi jika dalam kondisi tertentu seperti munculnya embun di kaca helm, pengendara bisa membuka kaca helm. Tujuannya agar sirkulasi udara menjadi lebih lancar, dan udara panas di dalam helm bisa keluar sehingga embun hilang.

Jika hujan turun deras, pengendara cukup membuka setengah bagian kaca helm. Dengan begitu air hujan yang turun masih bisa tertahan oleh kaca helm.

2. Gunakan spray anti fog

Cara selanjutnya adalah menggunakan spray anti fog. Cukup menyemprotkan cairan ini ke permukaan helm. Formula yang terdapat pada spray membuat butiran air atau embun tidak menempel pada kaca helm.

Namun cara ini tidak efektif dalam jangka panjang, karena sifat cairannya tidak permanen. Dengan kata lain, spray anti fog digunakan saat diperlukan saja.

3. Pasang pinlock

Cara lainnya adalah menambahkan aksesoris berupa pinlock. Komponen ini dipasang dengan cara ditempel pada bagian dalam kaca helm. Pinlock memiliki fungsi untuk menyerap air dan embun sehingga tidak mudah menempel pada bagian dalam kaca helm.

4.Gunakan masker

Ingat masker yang digunakan tidak boleh mengganggu sirkulasi udara ketika bernafas. Saat ini banyak beredar masker anti fog yang khusus dibuat untuk pengendara. Selain melindungi dari debu, masker anti fog juga bisa menghilangkan embun dari kaca helm saat berkendara di musim hujan.

 

 

 

 

 

 

 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Eko Nugros

Tentang Penulis

Sumber: