Musim Penghujan, 3 Tips Mencegah Banjir yang Bisa Kita Lakukan

Musim Penghujan, 3 Tips Mencegah Banjir yang Bisa Kita Lakukan

Sumber: ABC News--

FIN.CO.ID - Musim penghujan telah tiba tentunya curah hujan semakin intens dan kita patut waspada untuk menjaga kesehatan serta yang terpenting adalah memastikan agar lingkungan rumah kita bebas banjir.

Di musim penghujan ini curah air dapat mengakibatkan debit air meningkat sehingga sering terjadi banjir, di Indonesia banjir masih menjadi permasalahan yang sering terjadi. Selain dari bencana alam dan cuaca ekstrim yang tidak terduga juga dapat terjadi karena kita tidak mengantisipasinya dengan benar.

Karena itu kita juga harus mengetahui bagaimana cara mengantisipasi banjir secara tepat untuk menghindari kerugian yang tidak diinginkan.

Berikut ini adalah tips-tips yang bisa kamu lakukan dalam mencegah dan mengantisipasi banjir.

1. Membersihkan Gorong-gorong dari Penumpukan Sampah


Sumber: ABC News--

Memang terdengar sangat sederhana namun dari hal kecil seperti inilah biasanya banjir di lingkungan rumah kita akan muncul. Awalnya dari sampah yang menumpuk di gorong-gorong, kemudian hadirlah curah hujan yang tinggi, sampah yang menumpuk tadi menyebabkan ada genangan hingga masuk ke jalan dan perumahan, alhasil menjadi banjir yang tak mampu dibendung lagi oleh gorong-gorong.

Hal termudah yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya adalah dengan melakukan inisiasi gotong royong membersihkan gorong-gorong, pastikan tidak ada tanaman atau sampah sampah yang menyakut, Periksa kedalaman selokan secara berkala dan pastikan selokan tidak tergenang lumpur atau tanah-tanah lainnya yang mengakibatkan penyumbatan yang bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya banjir, karena air tidak mengalir dengan lancar. 

2. Melakukan Mitigasi dengan Meninggikan Bagian Depan Rumah

Cara ini disarankan bagi kamu yang memiliki rumah rawan akan banjir, di mana salah satu rencana yang bisa kamu lakukan adalah meninggikan bagian depan rumah atau bagian garasi kamu. Hal ini dapat berfungsi sebagai pencegahan agar air tidak masuk ke dalam rumah jika sudah terlanjur menggenang di daerah pekarangan rumah kamu.

3. Pasang Triplek Kayu atau Gunakan Karung Pasir


Sumber: ABC News--

Selain dua cara di atas, hal sederhana yang dapat kamu lakukan adalah memasang triplek kayu di depan rumah atau menggunakan karung pasir sebagai objek untuk menahan debit air yang sudah menggenangi jalanan di depan pekarangan rumah. Sehingga, tak perlu lagi khawatir ada air banjir yang masuk ke dalam rumah.

Berikut adalah tipsnya semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rangga Dipa

Tentang Penulis

Sumber: