Mau Bleaching Rambut? Kenali 4 Efek Sampingnya Dahulu

Mau Bleaching Rambut? Kenali 4 Efek Sampingnya Dahulu

Foto: Ilustrasi Freepik.com--

FIN.CO.ID - Bleaching atau proses pewarnaan rambut secara drastis menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Banyak orang tertarik untuk mengubah penampilan mereka dengan mencoba warna rambut yang lebih terang atau mencolok. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan proses bleaching, penting untuk memahami risiko dan konsekuensinya.

Apa Itu Bleaching Rambut?

Bleaching adalah proses kimia yang digunakan untuk mengangkat pigmen alami rambut sehingga warnanya menjadi lebih terang atau bahkan putih. Proses ini melibatkan penggunaan bahan kimia seperti hidrogen peroksida untuk membuka kutikula rambut dan memungkinkan zat pewarna masuk ke dalam batang rambut.

BACA JUGA:

Melihat adanya proses kimia yang mengubah pigmen rambut, tentunya akan ada risiko tersendiri bagi kesehatan rambut.

Berikut apa saja risikonya:

1. Kerusakan Rambut

Proses bleaching dapat menyebabkan kerusakan serius pada struktur rambut, karena bahan kimia yang digunakan dapat mengeringkan rambut dan membuatnya rapuh. Ini dapat mengakibatkan rambut menjadi kusam, kering, dan rentan terhadap pecah.

2. Iritasi Kulit

Bahan kimia dalam produk bleaching juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala, terutama jika terjadi kontak langsung antara produk dan kulit. Ini dapat mengakibatkan rasa gatal, kemerahan, atau bahkan luka bakar kimia pada kulit kepala.

3. Reaksi Alergi

Beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi terhadap bahan kimia dalam produk bleaching, yang dapat menyebabkan gejala seperti gatal-gatal, pembengkakan, atau ruam kulit. Reaksi alergi ini dapat menjadi sangat serius dan memerlukan perawatan medis.

4. Perubahan Struktur Rambut

Bleaching dapat mengubah struktur rambut, membuatnya lebih kasar atau kurang mudah ditata. Ini dapat mengakibatkan kerugian elastisitas dan kelembutan alami rambut.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Giska Cyrilla

Tentang Penulis

Sumber: