Dibekali Teknologi Hybrid Terkini dan Mesin Baru, Segini Harga Innova Zenix

Dibekali Teknologi Hybrid Terkini dan Mesin Baru, Segini Harga Innova Zenix

Innova Zenix menyugukan teknologi ramah lingkungan hibrida. Sumber foto: google--

FIN.CO.ID - Toyota Kijang Innova Zenix merupakan mobil keluarga Kijang yang pertama dengan mesin hybrid. Sejak meluncur pada 21 November 2022, mobil generasi anyar atau ketujuh Kijang ini menuai reaksi positif dari konsumen Tanah Air. Total pemesanan nyaris 4.000 unit padahal belum genap satu bulan dirilis.

Mobil yang turut meramaikan segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) medium ini membawa perubahan penuh, salah satunya menyugukan teknologi ramah lingkungan hibrida. Nah biar Anda tidak penasaran lagi dengan spesifikasi Toyota Kijang Innova Zenix 2024, mari simak beragam keunggulannya berikut ini:  

1. Memakai Mesin Baru

Kijang Innova Zenix memperkenalkan dua opsi mesin. Pertama, mesin bensin M20A-FKS Dynamic Force Engine kapasitas 1.987 cc, empat silinder, dan Dual VVT-i. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 172 dk pada 6.600 rpm dan torsi mencapai 205 Nm pada rentang 4.500-4.900 rpm.

Opsi kedua adalah mesin hybrid M20A-FXS berkapasitas 1.987 cc, empat silinder, Dual VVT-i, dilengkapi motor listrik yang memberikan tambahan tenaga sebesar 111 dk dan torsi 206 Nm. Dengan kombinasi ini, tenaga mencapai 183 dk pada sistem.

Kedua mesin ini disandingkan dengan transmisi direct shift CVT 10 percepatan, memberikan kinerja yang efisien dan tenang.

BACA JUGA:Tertarik Membeli Toyota Innova Reborn? Ini Rilis Terbaru Harganya

BACA JUGA:Toyota Kijang Innova Zenix: Kombinasi Inovasi dan Kualitas dengan Harga yang Terjangkau 

2. Teknologi Hybrid Terbaru dari Toyota

Pihak Toyota telah menyuntik teknologi Hybrid generasi ke-5, dengan sistem hibrida baru yang diklaim mampu mengoptimalkan produksi tenaga pada motor bakar dan motor listrik. Sehingga menghasilkan performa yang lebih baik namun tetap efisien serta rendah emisi gas buang.

Dengan memakai baterai Hybrid Ni-Mh yang ditempatkan di bawah kedua jok depan tanpa memangkas ruang di area kabinnya, pihak Toyota telah mengklaim bila catatan konsumsi BBM Innova Zenix Hybrid bisa tembus hingga 1:22/23 km per liter.

3. Panoramic Retractable Roof

Varian tertinggi dari Toyota Kijang Innova Zenix mendapat panoramic retractable roof, ukurannya yang besar, dan membentang dari depan sampai belakang. Dari dalam kabin, penumpang dapat menikmati pemandangan alam dengan lebih mudah. Selain itu kabin terasa semakin lapang.

Tampilan panoramic roof dipermanis dengan sentuhan yang ambient light berwarna biru di sisi kiri dan kanan sampingnya. Perpaduan ini tak hanya membuat kabin terasa lebih lega, namun juga menonjolkan kesan mewah.

4. Kabin dan Kelengkapannya

Pada bagian depan terdapat head unit 10 inci yang sudah terintegrasi dengan smartphone lewat Apple CarPlay dan Android Auto. Pengguna juga dapat melakukan koneksi lewat bluetooth tanpa harus mencolok kabel. Namun pengguna wajib mendownload aplikasi Autolink dan GogoLink terlebih dahulu.

Di layar juga ada fitur near field card (NFC), untuk mengecek saldo kartu elektronik guna memudahkan pengguna jika lewat jalan Tol.

Khusus pada bangku pengemudi, mata akan dimanjakan panel instrumen kombinasi analog dengan layar TFT berukuran 7 inci yang menampilkan beragam informasi tentang mesin hybrid dan tampilan speedometer bisa diubah.

Kabinnya dilengkapi konfigurasi captain seat yang canggih. Ya, pengaturan jok elektrik dengan sandaran kaki (ottoman electric) memberikan kenyamanan yang ekstra untuk para penumpang.

Kemudian di semua kursi disediakan cup holder untuk menaruh botol minum. Selain itu terdapat port charger maupun USB port Type-C. Fitur ini tentu akan sangat bermanfaat saat bepergian jauh.  Tak perlu khawatir kehabisan daya gawai juga tersedia wireless charging untuk perangkat ponsel di dalam handrest depan.

5. Keamanan dan Keselamatan

Toyota telah menyematkan fitur keselamatan dari paket TSS (Toyota Safety Sense) dengan versi 3.0 atau serupa dengan Toyota Voxy dan bZ4X. Fitur ini mencakup Pre-Collision System (PCS), with Curve Speed Reduction, Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Assist (LTA), dan Automatic High Beam (AHB).

Lalu dilengkapi juga dengan fitur Blind Spot Monitoring (BSM), Panoramic View Monitor, SRS Airbags sebanyak 6 titik, Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control, serta tak lupa Electric Parking Brake dan Brake Hold.

Tidak ketinggalan, kehadiran T-Intouch untuk mengintegrasikan antara mobil dan smartphone secara komprehensif. Pengguna juga bisa menemukan lokasi mobil hanya dengan melihat dari smartphone (find my car). Ada juga fitur yang memudahkan pengguna untuk mencari keberadaan mobil apabila dicuri (stolen vehicle tracking).

Lantas bagaimana soal harga? Per Februari 2024, Kijang Innova Zenix 2.0 G CVT dibandrol Rp471.600.000, Kijang Innova Zenix 2.0 V CVT Rp535.750.000, dan Kijang Innova Zenix 2.0 Q CVT Rp614.750.000.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Eko Nugros

Tentang Penulis

Sumber: