Hadi Tjahjanto Ditunjuk Jadi Menkopolhukam, Pengamat Politik Singgung Kedekatan dengan Jokowi

Hadi Tjahjanto Ditunjuk Jadi Menkopolhukam, Pengamat Politik Singgung Kedekatan dengan Jokowi

M Qodari-fajar ilman-fin.co.id Disway Grup

FIN.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) menggantikan Mahfud MD yang mengundurkan diri.

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 21 Februari 2024.

Saat pelanyikan Jokowi menegaskan keyakinannya bahwa Hadi Tjahjanto adalah sosok yang tepat untuk mengemban tugas tersebut.

Menyikapi pelantikan tersebut, Pengamat Politik, Muhammad Qodari, memberikan tanggapannya. 

Qodari menilai sosok Hadi Tjahjanto adalah pilihan yang tepat untuk posisi Menkopolhukam mengingat latar belakang dan profilnya yang sesuai. 

"Karena beliau latar belakangnya cocok profilnya cocok untuk menkopolhukam, dia Panglima TNI jadi Menkopolhukam cocok ya, Panglima TNI jabatan tinggi menkopolkam jabatan tinggi Pak Hadi Jenderal," katanya saat dikonfirmasi, Rabu 21 Febuari 2024.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, Qodari juga menyoroti hubungan dekat antara Hadi Tjahjanto dan Presiden Jokowi. 

"Kemudian yang ketiga Pak Hadi dekat dengan Pak Jokowi, kepercayaan Pak Jokowi ya itu cocok juga jadi Menkopolhukam," ujarnya.

"Apalagi Menkopolhukam yang sebelumnya kan mundur, jadi pasti ya itu yang sekarang ini dicari yang benar-benar dipercayakan gitu kan enggak pergi-pergi lagi gitu kan," sambungnya.

Dengan demikian, pelantikan Hadi Tjahjanto sebagai Menkopolhukam disambut dengan optimisme dan keyakinan akan kemampuannya dalam mengemban tugas tersebut.

Diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Jokowi juga mengangkat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang merangkap Badan Pertanahan Nasional.

Acara pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 21 Februari 2024. Hadi dan AHY dilantik berlandaskan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 34/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Kabinet Indonesia Maju.(fajar ilman)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: