10 Tips Percaya Diri: Mulai Belajar Menerima Kritik Hingga Hadapi Ketakutan

10 Tips Percaya Diri: Mulai Belajar Menerima Kritik Hingga Hadapi Ketakutan

Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mencintai Anda dan memiliki pandangan positif. Sumber foto:google--

FIN.CO.ID - Minder! Mungkin Anda pernah mengalami perasaan itu. Ini menandakan Anda kurang percaya diri. Kalau begitu, baca 10 tips percaya diri yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan kualitas diri.  

1. Belajar menerima kritik

Meskipun sebagian besar masalah kepercayaan diri datang dari dalam, terkadang perasaan itu bisa datang dari cara orang lain memperlakukan Anda. Misalnya ucapan negatif atau kritik dari orang lain.

Untuk mengatasinya, terimalah bahwa kritik memang tidak menyenangkan dan pelajari cara untuk melewatinya. Tidak apa-apa untuk menerima meski membuat Anda sedih, akui perasaan itu dan biarkan diri Anda merasakannya

2. Jangan bandingkan diri dengan orang lain

Dikutip dari laman Verywell Mind, sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences menemukan hubungan langsung antara rasa iri dan perasaan tentang diri sendiri. Saat membandingkan diri dengan orang lain, Anda berpotensi merasa iri. Dan semakin merasa iri, semakin buruk perasaan Anda tentang diri sendiri. Jika Anda merasa iri dengan kehidupan orang lain, itu akan membuat Anda minder dan secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap rasa percaya diri.

BACA JUGA: 

3. Hindari berpikir negatif tentang diri sendiri

Dikutip dari laman Business Insider, alasan utama mengapa banyak orang tidak merasa percaya diri adalah karena meremehkan diri sendiri. Setiap kali Anda memikirkan sesuatu yang buruk tentang diri Anda, singkirkan secara aktif dan segera pikirkan sesuatu yang baik untuk menangkalnya.

4. Berlatih self talk

Bicara pada diri sendiri dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan membantu Anda mengatasi keraguan diri serta menghadapi tantangan-tantangan baru. Identifikasi pikiran negatif yang muncul, seperti "Saya tidak bisa" atau "Saya selalu gagal." Gantilah dengan pikiran yang lebih positif, seperti "Saya memiliki kemampuan yang bermanfaat bagi sekitar" atau "Saya belajar dari setiap pengalaman." Hal ini membantu merubah persepsi diri kita dan memperkuat keyakinan diri.

5. Tetapkan tujuan yang realistis

Menetapkan tujuan yang terlalu tinggi dan gagal mencapainya dapat merusak tingkat kepercayaan diri. Sebaliknya, tujuan yang realistis biasanya mudah untuk dicapai. Semakin banyak Anda mencapai tujuan Anda, semakin besar rasa percaya diri Anda. Untuk menetapkan tujuan yang realistis, tuliskan apa yang ingin Anda capai. Selanjutnya, tanyakan pada diri Anda sendiri berapa besar peluang Anda untuk mencapainya.

6. Pakai sesuatu yang membuat Anda merasa baik

Penampilan menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan rasa percaya diri. Namun, bukan berarti Anda mengenakan pakaian atau produk yang sekadar meningkatkan citra tubuh Anda. Melainkan, jika ada sesuatu yang dapat Anda kenakan dan akan membuat Anda merasa lebih positif dan nyaman, lakukanlah.

7. Lakukan hal yang Anda kuasai

Apa yang terjadi ketika Anda melakukan hal-hal yang Anda kuasai? Rasa percaya diri Anda akan meningkat. Jika Anda mahir dalam olahraga tertentu misalnya, biasakan diri Anda untuk berlatih atau bermain setidaknya sekali seminggu. Jika Anda mahir dalam tugas tertentu di tempat kerja, cobalah untuk melakukan tugas tersebut lebih sering. Membangun kekuatan Anda dapat membantu Anda membangun rasa percaya diri.

8.Bergaul dengan orang-orang positif

Orang-orang yang menghabiskan waktu bersama Anda dapat memengaruhi pikiran dan sikap Anda tentang diri sendiri. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mencintai Anda dan memiliki pandangan positif, sehingga dapat membantu membangun kepercayaan diri Anda.

BACA JUGA:

9. Bersikap baik kepada diri sendiri

Biasakan untuk memperlakukan diri sendiri dengan kebaikan ketika Anda melakukan kesalahan, gagal, atau mengalami hal tidak menyenangkan. Ini memungkinkan Anda menjadi lebih fleksibel secara emosional dan membantu menavigasi emosi yang menantang dengan lebih baik. (*)

10. Hadapi ketakutan

Setiap kali berhasil menghadapi ketakutan, Anda akan merasakan peningkatan kepercayaan diri. Ingatlah bahwa menghadapi ketakutan membutuhkan waktu dan kesabaran. Jangan terlalu keras pada diri sendiri dan kenali bahwa proses ini adalah bagian dari pertumbuhan pribadi Anda. Dengan menghadapi ketakutan secara bertahap dan konsisten, Anda akan melihat peningkatan yang signifikan dalam kepercayaan diri. (*)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Eko Nugros

Tentang Penulis

Sumber: