11 Mobil Kecil Terbaik dengan Harga Murah

11 Mobil Kecil Terbaik dengan Harga Murah

Daihatsu Ayla dikenal sebagai mobil yang irit bahan bakar. Foto google--

FIN.CO.ID - Memiliki mobil kecil murah bisa menjadi pilihan terbaik untuk mendukung mobilitas Anda sehari-hari. Karena selain harganya yang relatif terjangkau, konsumsi bahan bakarnya yang irit  juga bisa menghemat pengeluaran.

Tak hanya itu, ukurannya yang kompak memudahkan dalam mencari tempat parkir yang semakin sulit di kota-kota besar.

Kalau begitu, tak perlu berlama-lama lagi yuk simak 11 rekomendasi terbaik mobil kecil murah di bawah ini:

1. Daihatsu Ayla dan Toyota Agya

Rekomendasi pertama adalah si kembar Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Keduanya merupakan mobil kecil yang cukup popular di tanah air. Tak hanya untuk penggunaan pribadi, kedua mobil ini juga sering digunakan sebagai moda transportasi taksi online yang kian menjamur di banyak kota besar.

Di samping ukurannya yang kecil, Ayla dan Agya juga irit bahan bakar. Selain itu harga suku cadangnya murah dan mudah didapatkan.

Tak heran jika keduanya begitu laris di pasaran. Harga bekasnya mulai dari Rp70 juta hingga Rp140 jutaan tergantung generasi.

BACA JUGA: 

2. Daihatsu Sirion

Selanjutnya ada Daihatsu Sirion. Meskipun tergolong mobil kecil, tapi Daihatsu Sirion memiliki ruang yang cukup untuk penumpang dan menampung barang bawaan. 

Desainnya yang keren terlihat dari lekukan di setiap bagian bodinya. Tak hanya itu, mesinnya sangat responsif dan mudah untuk bermanuver menjadi kelebihan lain mobil kecil yang satu ini.

Harga bekasnya mulai dari Rp52 juta hingga Rp191 jutaan.

3. Honda Brio

Tak lengkap rasanya jika berbicara tentang mobil kecil tanpa mengikutsertakan mobil yang satu ini, Honda Brio. Mobil yang digandrungi kawula muda terutama mereka yang senang akan modifikasi ini cukup laris di pasaran.

Mesin responsif, transmisi halus, lincah saat bermanuver, suspensi empuk, bagasi luas adalah sederet kelebihan yang dimiliki Honda Brio. Ditambah dengan desain dan kabin yang nyaman serta fitur keselamatan dan fitur hiburan yang memadai.

Harga bekasnya mulai dari Rp90 jutaan.

4. Honda Jazz

Dengan desain yang elegan dan sporty, menjadikan Honda Jazz incaran banyak orang terutama para kaum muda. Honda jazz juga memiliki interior yang super luas untuk mobil jenis hatchback dilengkapi dengan visibilitas terbaik berkat kaca besar di bagian depan dan samping mobil. 

Bagasinya tergolong cukup besar sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika membawa banyak barang saat bepergian. Kemudian soal mesin, mobil kecil ini disebut memiliki tenaga yang cukup besar di kelasnya.

Honda Jazz dibekali dengan mesin berkapasitas 1.500cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 118 hp pada putaran 6.600 rpm dengan torsi 145 Nm pada putaran 4.600 rpm. Untuk harga bekasnya mulai dari Rp62 juta hingga Rp285 jutaan.

5. Kia Picanto

Julukan Kia Picanto sebagai mobil kecil irit bertenaga sepertinya benar adanya. Mobil ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.250cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 87 hp pada putaran 4.000 rpm dan torsi maksimum 12 Nm. Dengan mesin ini, Kia Picanto mampu melesat di jalanan kota dan hanya memerlukan waktu 11,4 detik saja untuk meraih kecepatan 100 km per jam.

Meski performanya cukup handal, tidak menjadikan Picanto boros bbm. Sebaliknya, mobil ini mampu mencapai 15 km per liter ketika digunakan untuk menjelajahi jalanan dalam kota yang padat, dan dapat mencapai 25 km per liter ketika dikendarai di jalanan antar kota yang lancar.

Ditambah lagi, Kia Picanto sudah dilengkapi dengan fitur Eco Mode yang akan memudahkan pengemudi melakukan penghematan bbm secara otomatis pada transmisi yang otomatis. Harga bekasnya mulai dari Rp50 jutaan.

6. Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage sangat cocok digunakan sebagai mobil pribadi dengan ukurannya yang compact dan irit bahan bakar. Berbekal mesin bensin 1.2L, Mirage mampu memberikan performa yang cukup baik dengan konsumsi bahan bakar yang mencapai 22 km per liter untuk transmisi CVT dan 24,2 km per liter untuk tipe transmisi manual.  Lalu untuk pemakaian normal di daerah perkotaan, sekitar 13-14 km per liter. Selain itu, Mitsubishi Mirage juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan yang membuat perjalanan menjadi lebih aman.

Untuk menambah kenyamanan, mobil ini dilengkapi dengan fitur Climate Control yang berfungsi untuk memberikan kemudahan kepada pengemudinya dalam menyesuaikan tingkat kesejukan yang diinginkan di dalam kabin mobil. Mitsubishi Mirage bekas dibanderol mulai dari Rp50 jutaan.

7. Nissan March

Mobil kecil terbaik selanjutnya ada Nissan March yang memiliki kabin yang terbilang luas ditambah dengan ruang penyimpanan yang banyak dan praktis. Untuk fitur keselamatan tergolong cukup lengkap, ada dual SRS airbags, rem ABS+EBD+BA, sensor parkir 4 titik, ISOFIX + tether dan Vehicle Dynamic Control (VDC) untuk membantu pengendalian dan kestabilan bermanuver. Harga bekasnya mulai dari Rp60 jutaan.

8. Renault Kwid

Renault Kwid memiliki desain yang tangguh dan futuristik dan sudah dilengkapi dengan lampu LED dan DRL. Selain itu, ground clearance yang tinggi sehingga mampu melewati berbagai medan jalan dengan kontur yang tidak rata. Interiornya yang menggunakan aksen dual tone menjadikan mobil ini terasa sporty dan energik. Soal fitur keselamatan jangan khawatir, sudah ada dual SRS Airbags, ABS+EBD, empat buah sensor di belakang dan kamera belakang. Harga bekasnya mulai dari Rp77 jutaan.

9. Suzuki Ignis

Suzuki Ignis menonjol sebagai mobil kecil yang menggabungkan desain compact dan stylish dengan efisiensi bahan bakar yang baik. Keunggulan bermanuvernya membuatnya sangat cocok untuk mobilitas di perkotaan.

Meskipun berukuran kecil, Suzuki Ignis tidak mengorbankan fitur keselamatan. Sudah ada Dual SRS Airbags, sistem pengereman ABS+EBD, ISOFIX, dan bodi HEARTECH. Untuk fitur kenyamanan, ada Power Outlet 12V/120W, Keyless Entry plus Start/Stop Engine Button, Auto Climate AC with Heater, dan Head Unit Touchscreen.

Harga bekasnya di pasaran mulai dari Rp85 jutaan.

10. Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R menawarkan kelebihan dari sisi dimensi yang lebih lapang yakni panjang 3.600 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.670 mm dengan jarak sumbu roda 2.400 mm.

Jika dibandingkan dengan kompetitornya seperti Honda Brio yang memiliki tinggi 1.485 mm dan Daihatsu Ayla yang memiliki tinggi 1.530 mm, jelas Suzuki Karimun Wagon R lebih unggul. Hal ini membuat pengemudi dan penumpang dapat duduk lebih nyaman terutama bagi mereka yang memiliki tinggi di atas 170 cm.

Mesin yang efisien dan responsif juga menjadi kelebihan lainnya. Mobil ini dibanderol mulai dari Rp118 juta hingga Rp140 jutaan.

11. Datsun Go Panca

Datsun Go Panca mengusung mesin 1200 cc dengan torsi maksimum 104Nm pada 5000rpm. Mobil ini sanggup menampung hingga 7 penumpang, lho! Interiornya dirancang dengan sangat nyaman.

Mobil ini termasuk ramah lingkungan. Ini dibuktikan dengan mesin thermal yang performanya lebih baik dari 4 silinder. Nah, setiap 1 liter pengisian bensin Datsun Go Panca mampu menempuh 20.6 km. Ini membuktikan bahwa mobil LCGC ini cocok menjadi mobil kecil murah dan irit.

Sayangnya Nissan sudah menghentikan produksi Datsun Go sejak tahun 2020. Tapi kamu masih bisa kok memiliki Datsun Go Panca dengan harga mulai dari Rp82 juta 24 jam.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Eko Nugros

Tentang Penulis

Sumber: