Longsor Landa Filipina, 90 Orang Dinyatakan Tewas

Longsor Landa Filipina, 90 Orang Dinyatakan Tewas

Ilustrasi -longsor--(pixabay)

FIN.CO.ID- Bencana longsor besar melanda Barangay Masara, Kota Maco di Provinsi Davao de Oro, Filipina pada Kamis 15 Februari 2024. 

Akibatnya, sebanyak 90 orang dilaporkan tewas dalam bencana tersebut sementara 37 orang lainnya dinyatakan hilang. 

Ketua Gusus  MDM Lea Añora melaporkan 37 orang masih hilang dan sejauh ini sudah ada 39 mayat yang diidentifikasi. 

Sementara itu, dari 90 korban jiwa tersebut, 14 jenazah yang belum diketahui identitasnya dikuburkan sementara di pemakaman umum Maco.

BACA JUGA:

“Sebanyak 90 orang yang dievakuasi termasuk tubuh lengkap dan bagian tubuh,” kata Añora dilansir PNA.

Orang-orang yang hilang itu, katanya, dicatat dalam catatan polisi setelah keluarga mereka memberi tahu aparat berwenang.

Añora juga meminta keluarga yang mencari anggota keluarganya untuk mengecek imbauan pemerintah setempat mengenai proses identifikasi jenazah yang diambil.

“Tindakan yang kami lakukan bersifat berkesinambungan seperti pemeriksaan postmortem, pencatatan, dan pengumpulan barang-barang korban yang diambil,” ujarnya.

Para pejabat meluncurkan operasi evakuasi pada 14 Februari, satu pekan setelah tanah longsor terjadi.

Sementara itu, tim 911 Pencarian dan Penyelamatan Perkotaan (USAR) Kota Davao mengumumkan akan tetap tinggal selama tiga hari lagi untuk terus membantu operasi pengambilan di wilayah yang terkena longsor.

BACA JUGA:

Sejak 9 Februari, Kepala Kantor Pengurangan Risiko dan Manajemen Bencana Kota, Alfredo Baloran mengatakan teknisi penyelamat, peralatan pencarian dan pertolongan, dan dua anjing pelacak telah dikerahkan ke daerah tersebut.

Tim USAR membawa peralatan pencarian dan penyelamatan yang mencakup peralatan untuk mendeteksi tanda-tanda kehidupan dan peralatan untuk menemukan orang-orang yang terkubur dalam tanah longsor. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: