Pingin Coating Mobil Biar Tetap Mulus Tambah Glowing dan Kinclong? Segini Biaya yang Harus Dikeluarkan

Pingin Coating Mobil Biar Tetap Mulus Tambah Glowing dan Kinclong? Segini Biaya yang Harus Dikeluarkan

Coating mobil menjadi tren di kalangan pecinta otomotif. --

FIN.CO.ID - Di kalangan pecinta otomotif, istilah coating pasti sudah tidak asing lagi. Coating adalah proses penambahan lapisan khusus di permukaan mobil. Tujuannya agar mobil kita tetap mulus, kinclong dan glowing.

Secara umum, proses coating menggunakan bahan silikon dioksida. Bahan ini sering digunakan untuk membuat kaca atau keramik.

Dengan melakukan coating, tampilan mobil seperti baru dan tidak kusam. Selain itu, warna cat mobil terlihat bening, tahan lama, dan mudah dibersihkan.  Untuk lebih lengkapnya, berikut ini empat manfaat coating:

1. Mencegah Warna Cat Mobil Pudar

Coating mampu mencegah pudarnya warna cat. Mengutip laman Auto2000, lapisan coating mobil yang bagus akan melindungi permukaan cat sekaligus warnanya dari paparan sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet mempunyai dampak yang kurang baik terhadap warna cat dan permukaan cat mobil. Jika terlalu sering terkena sinar ultraviolet, warna cat akan lebih cepat kusam dan memudar.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Mobil Kecil Murah dan Irit, Paling Laris di Indonesia

BACA JUGA: 4 Ajang Pameran Mobil 2024 yang Gak Boleh Dilewatin Pecinta Otomotif

2. Mencegah Jamur


Proses coating mobil --daihatsu.co.id

Mengutip laman Astra-Daihatsu, jamur sering menempel di cat maupun kaca mobil. Jika tak segera ditangani, bisa merusak permukaan mobil. Nah, coating bisa menjadikan bodi mobil lebih tahan bercak air dan berbagai serangan jamur karena adanya water repellent effect, yaitu efek daun talas pada permukaan mobil. Hal ini membuat air dan berbagai kotoran tak mudah menempel.

3. Meningkatkan Daya Tahan Terhadap Goresan

Coating juga membuat permukaan mobil memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap goresan dibandingkan tanpa coating. Tapi hal ini tergantung pada kualitas bahan dan jenis coating yang digunakan. Semakin keras dan tebal lapisan coating, daya tahan cat mobil terhadap gores dan baret semakin meningkat. Cat juga menjadi lebih tahan akan goresan halus.

4. Kilap Mobil Lebih Tahan Lama

Selanjutnya, coating bisa memberi efek kilap yang lebih tahan lama pada bodi mobil. Menggunakan wax atau sealant hanya membuat kilap mobil bertahan selama 1-3 bulan, namun coating bisa lebih dari itu.

Namun ada beberapa kekurangan dari coating yang perlu diketahui. Berikut diantaranya:

1. Proses yang Lama


Proses coating mobil --honda indonesia

Mengutip laman Astra-Daihatsu, coating memerlukan waktu yang lama untuk mobil yang digunakan harian dan yang sudah berusia tua. Ditambah lagi warna cat pudar dan goresannya terlalu banyak.

2. Biaya Mahal

Proses dan bahannya yang rumit membuat harga coating tidak murah. Sekadar gambaran, paket nano platinum (4 layer nano ceramic coating) untuk mobil mewah sekitar Rp8 juta,  mobil ukuran besar (Rp 6 juta), mobil ukuran sedang (Rp5,5 juta), dan mobil ukuran kecil (Rp4,5 juta). Lalu paket nano supreme (2 layer nano ceramic coating khusus mobil LCGC) untuk mobil ukuran sedang sekitar Rp2,5 juta dan mobil ukuran kecil (Rp2 juta). Harga ini bersifat perkiraan. Dapat berbeda antar penyedia jasa.

3. Risiko Coating

Ketika kesalahan coating terjadi, prosesnya akan jauh lebih lama. Selain itu bodi mobil akan terlihat belang karena tidak rata.

Pembahasan selanjutnya adalah jenis coating, yakni:

1. Nano Coating

Nano coating diklaim sebagai jenis coating terbaik. Sebab, nano coating mampu mengisi ruang-ruang dan pori-pori kecil pada cat mobil. Hal ini melindungi cat mobil secara maksimal.

2. Ceramic Coating

Ceramic coating adalah teknik di mana cairan silikon akan mengeras atau mengkristal. Setelah telah kering, lapisan itu akan terlihat seperti berbahan akrilik tipis. Teknik ini diklaim akan bertahan lama jika dibandingkan teknik pengecatan mobil lainnya.

3. Wax

Mengutip laman Suzuki, coating jenis ini bisa dilakukan sendiri. Kalau kamu merasa tampilan mobil kurang menarik atau ada goresan ringan, maka kamu bisa memanfaatkan jenis coating ini untuk pemolesan. Namun, lapisan yang sudah dibuat oleh teknik wax tidak tahan lama, terlebih jika mobil sering terkena panas. Tampilan mobil akan cepat kusam sehingga kamu perlu mengaplikasikan wax kembali. (*)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Eko Nugros

Tentang Penulis

Sumber: