Sirekap Bermasalah Hingga Down, KPU RI Bilang Begini

Sirekap Bermasalah Hingga Down, KPU RI Bilang Begini

Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos, dalam konferensi pers yang dilakukan di KPU pada Senin, 12 Februari 2024.--

fin.co.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan akan tetap membuka data hasil perhitungan suara pada Pemilu 2024, termasuk C hasil.

Data yang diunggah oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ini, nantinya bisa dilihat publik melalui Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap).

Sirekap sendiri akan terbagi menjadi dua versi yakni Sirekap Mobile untuk perangkat mobile seperti handphone dan Sirekap Web yang bisa digunakan pada laptop atau PC.

“Sekali lagi, Sirekap adalah alat bantu ya, ini alat bantu. Mudah-mudahan bisa melakukan percepatan publikasi sembari paralel melakukan rekapitulasi di tingkatan TPS secara berjenjang,” ujar Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos, dalam konferensi pers yang dilakukan di KPU pada Senin, 12 Februari 2024.

BACA JUGA:KPU RI: Surat Suara Direndam di Arab Saudi Tidak Sesuai Aturan

BACA JUGA:Komnas HAM Rekomendasikan TPS Sehat, Cegah Petugas KPPS Meninggal Dunia

Ketika disinggung mengenai kendala yang dialami oleh Sirekap seperti susah sinyal, Betty menambahkan jika saat ini masalah tersebut sudah berhasil ditangani.

“Misalnya terekam dalam HP si KPPS, dia foto pake Sirekap, lalu enggak ada jaringannya untuk mengupload ke dalam sistem Sirekap, itu nggak apa-apa. Karena akan naik tahapan dalam artian kotak suara dan surat suara dibawa ke tempat yang buat ngurus ke pusat. Nah, nanti kan KPPS nya pindah lokasi, otomatis bakal pindah ke daerah yang ada sinyalnya. Jadi datanya nanti bakal masuk ke Sirekap,” ujar Betty.

Masalah berikutnya yang menghantui Sirekap adalah sistem yang sempat down ketika diakses secara bersamaan.

Betty juga menambahkan jika setiap 2 jam dirinya akan meminta update apa ada masalah ketika uji beban.

“Secara data informasi belum ada masalah, beberapa image yang bisa terkirim setiap jam secara data informasi, belum ada masalah. Berapa image bisa terkirim setiap jam itu saya catat,” ujarnya. (Dimas Wijanarko)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: