Kembali Hadir di IIMS 2024, PLN Usung Support System Kendaraan Listrik di Indonesia

Kembali Hadir di IIMS 2024, PLN Usung Support System Kendaraan Listrik di Indonesia

--

FIN.CO.ID - PT PLN (Persero) kembali ikut serta dalam menyukseskan Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 sebagai komitmen mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

Dalam perhelatan IIMS 2024 yang akan digelar pada 15 - 25 Februari 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, PLN akan mensosialisasikan beragam program hingga dukungan untuk ekosistem kendaraan listrik.

Keikutsertaan PLN untuk yang ketiga kalinya ini juga sebagai tindak lanjut berbagai program pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang selama ini telah dilakukan perseroan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, PLN terus berkomitmen mendukung ekosistem kendaraan listrik terintegrasi di Indonesia sejalan dengan penugasan Presiden yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) 55 Tahun 2019 untuk mendukung percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan. Serta penugasan dari Peraturan Menteri (Permen) ESDM 1 tahun 2023 terkait Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik Untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

“PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), berkomitmen mendukung Pemerintah dalam mempercepat ekosistem kendaraan listrik terintegrasi di Indonesia. Hal ini sejalan dengan langkah Pemerintah dalam mencapai Net Zero Emissions (NZE) di tahun 2060 atau lebih cepat,” jelas Darmawan.

Dukungan PLN terhadap pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia kata Darmawan di antaranya menyediakan pasokan daya yang cukup, penyediaan SPKLU, SPLU, dan SPBKLU, yang terintegrasi pada Aplikasi PLN Mobile guna mendukung kemudahan bertransaksi.

”Dalam hal mendukung ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi sejauh ini, kami telah berhasil menyuplai 1.117 unit SPKLU dan 1.839 unit SPBKLU bagi kendaraan listrik di Indonesia. Dari jumlah itu sebagian besar dimiliki PLN dan sisanya dioperasikan swasta dari listrik PLN,” lanjut Darmawan.

Vice President Pengelolaan Pemasaran PLN Daniel Lestanto menambahkan, PLN ikut serta di ajang IIMS 2024 dengan menawarkan berbagai macam promo menarik.

Salah satunya dengan diskon atau potongan harga untuk pengisian daya kendaraan listrik bagi konsumen.

“Ini untuk memudahkan pemilik kendaraan listrik, jadi kami siapkan lagi tahun ini dan kami buatkan (layanan) plus. Jika kesulitan charger di wilayahnya, masyarakat yang sudah membeli mobil bisa memanfaatkan fasilitas produk Power Up EVent untuk menambah dayanya dengan harga spesial," terang Daniel.

Daniel menjelaskan, PLN akan memberikan harga spesial untuk peningkatan daya sampai dengan daya 5.500 VA yang harga normalnya sekitar Rp 4,2 juta menjadi hanya Rp 150 ribu. Selain itu, dengan daya hingga 11.000 VA yang harga normalnya mencapai Rp 11 juta menjadi hanya Rp 702 ribu.

”Diproyeksikan pertumbuhan kendaraan listrik semakin meningkat dari waktu ke waktu. Untuk itu kami menegaskan bahwa PLN sebagai katalisatornya siap untuk mendukung percepatan penggunaan kendaraan listrik di tanah air,” ujar Daniel.

Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo Daswar Marpaung mengutarakan, Gelaran IIMS terus mengalami perkembangan setiap tahunnya seiring perkembangan industri otomotif. Ini terbukti dari semakin banyaknya tipe dan jenis kendaraan yang ada pada saat ini. IIMS juga menjadi ajang yang sangat dinantikan bagi peserta otomotif dan pencinta di kalangan komunitas.

“Semaraknya kegiatan otomotif IIMS 2024 kali ini meningkat dengan masuknya 54 brand kendaraan jenis roda dua dan roda empat. Serta dihadiri dan dimeriahkan oleh 187 booth yang menduduki area seluas 133.547 meter persegi, dengan jumlah target pengunjung sebanyak 470 ribu selama 11 hari dan dengan target transaksi sebesar lebih dari Rp 5,3 triliun yang akan dicapai,” ujar Daswar.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: