Bikin Cuan! Hobi Menulis Bisa Menjadi Gerbong Kesuksesan, Berikut Tipsnya

Bikin Cuan! Hobi Menulis Bisa Menjadi Gerbong Kesuksesan, Berikut Tipsnya

Sumber: Pexels.com--

FIN.CO.ID - Bagi kalian yang hobi menulis, ternyata bisa menghadirkan cuan lebih kalau bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Dengan menulis, tak hanya memberikan efek kesenangan tetapi juga bisa mendapat jaringan yang lebih luas dan juga pendatapan.

Lantas bagaimana cara bisa menulis agar bisa memiliki jaringan lebih luas dan menghasilkan pendapatan?

Jawabannya ada pada hasil tulisan kalian. Berbicara tentang kepenulisan, tentu akan luas sekali pembahasannya. Sebut saja seperti novel, cerita pendek, puisi merupakan bentuk hasil karya fiksi yang dapat dinikmati kapan saja dan di mana saja.

Jangan salah, dengan menulis karya-karya fiksi tersebut, kalian bisa menghadirkan cuan juga jika menekuninya.

Selain itu, penulisan juga bisa berbentuk non-fiksi seperti karya ilmiah bahkan dewasa ini telah banyak karir yang mengharuskan kalian untuk menulis seperti content writer, copywriter, dan UI/UX writer.

Agar kalian dapat mendalami hobi menulis menjadi sumber cuan, berikut adalah tips yang telah dirangkum oleh tim Redaksi Fin.


Sumber: Pexels.com--

  1. Banyak Membaca untuk Menambah Referensi

    Menurut Francis Ford Copolla, seorang sutradara legendaris Hollywood menyatakan bahwa menulis adalah karakter diri kita. Oleh sebab itu, untuk mendalami jenis tulisan serta orisinalitas dari tulisan kita harus tetap membaca banyak sekali bentuk tulisan, hasil karya, serta buku-buku untuk menambah referensi dan wawasan yang akan memengaruhi karakter si penulis. Membaca adalah kunci dari menulis, jika kalian hobi menulis tetapi malam membaca itu sama saja mengendarai mobil manual tetapi tak tahu bagaimana cara mengoper gigi.

    BACA JUGA:Cuan Banget! Ini 7 Aplikasi Penghasil Uang Tambahan

  2. Terbiasa Menulis dari Hal-hal Kecil

    Terdengar sepele padahal amat penting, ketika pada suatu waktu kalian mendapatkan ide atau saat mengamati sesuatu ada yang menarik. Segeralah untuk menuangkan pengamatan kalian dalam bentuk tulisan. Tidak perlu terlihat bagus, ini hanyalah catatan awal sebelum kalian revisi menjadi bentuk yang lebih baik. Menulis itu lahir dari kebiasaan kita mengamati sesuatu, penulis adalah pengamat. Maka dari itu, dengan membiasakan untuk menulis dari hal-hal kecil akan membuat aliran ide di dalam kepala menjadi lancar sehingga tidak perlu khawatir buntu ide saat ingin menulis topik tertentu.

  3. Beristirahat Sejenak agar Menghindari Writer's Block

    Sumber: Pexels.com--
    Jangan terlalu dipaksakan, istirahatlah sejenak karena otak dan tubuh kita butuh peregangan dan hiburan sesaat karena segala hal yang terlalu dipaksakan hasilnya tentu sangat tidak baik. Salah satu tips yang bisa kalian lakukan untuk menghindari writer's block atau kesulitas dalam menulis adalah dengan beranjak sebentar dari proses menulis kemudian mengalihkannya dengan melakukan yang membuat kalian bahagia. Contohnya adalah bermain video games, pergi ke luar untuk menjernihkan pikiran, berjumpa dengan teman atau kerabat, dan merencanakan liburan ke tempat yang menyenangkan.

BACA JUGA:

  1. Mendapat Penghasilan dari Blog, Hobi Menulis Bisa Jadi Rupiah
  2. Berikut Contoh Teks Editorial Disertai Cara Menulisnya, Siswa Wajib Tahu!

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rangga Dipa

Tentang Penulis

Sumber: