Kebakaran Hebat di Hutan Chile, 51 Orang Tewas

Kebakaran Hebat di Hutan Chile, 51 Orang Tewas

Kebakaran di Chile--Javier Torres/AFP

FIN.CO.ID- Kebakaran hebat terjadi di hutan Chile sejak Jumat hingga Sabtu 4 Februari 2024 dan menewaskan sebanyak 51 orang. 

Asap hitam mengepul ke langit di  wilayah Valparaiso yang merupakan rumah bagi hampir satu juta penduduk di Chile tengah- sementara petugas pemadam kebakaran yang menggunakan helikopter dan truk berjuang untuk memadamkan api.

"Daerah di sekitar kota wisata pesisir Vina del Mar adalah daerah yang terkena dampak paling parah dan tim penyelamat berjuang untuk mencapai semua daerah yang terkena dampak," kata pihak berwenang Chile dikutip Reuters, Ahad 4 Februari 2024. 

BACA JUGA:

Menteri Dalam Negeri Chile, Carolina Toha mengatakan, jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat ketika lima mayat baru ditemukan di jalan umum,.

"Kita akan mencapai angka yang jauh lebih tinggi" dalam beberapa jam mendatang. Kondisi Valparaiso adalah yang paling rentan,” kata Toha. 

Dia mengatakan negara itu menghadapi bencana terburuk sejak gempa bumi tahun 2010 yang menewaskan sekitar 500 orang.

Kebakaran hutan tidak jarang terjadi di Chile selama musim panas.  Tahun lalu, akibat gelombang panas yang mencapai rekor tertinggi, sekitar 27 orang meninggal dan lebih dari 400.000 hektar (990.000 acre) terkena dampaknya.

BACA JUGA:

 “Area yang terbakar saat ini jauh lebih kecil dibandingkan tahun lalu, (tetapi) saat ini jumlah hektar yang terdampak bertambah dengan sangat cepat,” kata Toha.

Antara Jumat dan Sabtu, luas wilayah yang terkena dampak kebakaran hutan meningkat menjadi 43.000 hektar (110.000 hektar) dari 30.000 hektar.

Toha mengatakan kekhawatiran terbesar pihak berwenang adalah bahwa beberapa kebakaran aktif terjadi sangat dekat dengan daerah perkotaan “dengan potensi dampak yang sangat tinggi terhadap masyarakat, rumah dan fasilitas.” (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: