Piala AFF 2020, Shin Tae-yong Ngaku Punya Strategi Khusus Bendung Taktik Malaysia

Piala AFF 2020, Shin Tae-yong Ngaku Punya Strategi Khusus Bendung Taktik Malaysia

JAKARTA - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mempunyai strategi khusus untuk menghadapi Malaysia pada laga terakhir Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12).

“Malaysia memiliki kelemahan dan kekurangan. Kami sudah menganalisisnya, termasuk taktik mereka seperti apa. Strategi kami besok akan menyesuaikan dengan itu,” ujar Shin dalam konferensi pers virtual, Sabtu (18/12).

Shin Tae-yong menegaskan, dirinya bukanlah pelatih yang terpaku dengan satu taktik. Setiap strategi yang disusunnya selalu disesuaikan dengan lawan yang akan dihadapi.

Di Piala AFF 2020, apa yang ditampilkan Evan Dimas dan kawan-kawan saat melawan Kamboja serta Laos berbeda ketika bersua Vietnam.

Kala bertemu Kamboja dan Laos, Indonesia tampil agresif dan terus menyerang ketika mendapatkan ruang. Konsep seperti itu membuat Indonesia mencetak total sembilan gol dan kebobolan tiga kali.

Namun, saat menjajal kekuatan Vietnam, skuad Garuda bermain sangat bertahan karena Shin menganggap lawan mempunyai pemain menyerang yang berbahaya. Hasilnya, laga berakhir imbang 0-0 dan Indonesia kokoh di puncak klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020.

Oleh karena itu, Shin Tae-yong pun berharap anak-anak asuhnya dapat kembali disiplin menerapkan semua strategi dan taktik di lapangan kontra Malaysia.

Shin mengingatkan bahwa jarak skuad Garuda dengan babak semifinal tinggal selangkah lagi.

“Dengan hasil seri saja, kami sudah lolos ke semifinal,” tutur pria berusia 51 tahun itu.

Timnas Indonesia hanya membutuhkan setidak-tidaknya hasil imbang dari laga versus Malaysia untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Sementara Malaysia wajib mengalahkan Indonesia untuk melangkah ke fase empat besar.

Saat ini, skuad Garuda memimpin klasemen sementara Grup B dengan tujuh poin. Vietnam berada persis di bawahnya dengan poin serupa tetapi kalah selisih gol.

Malaysia bertengger di peringkat ketiga dengan enam poin, disusul Kamboja dan tim juru kunci, Laos.

Indonesia mencatatkan empat kemenangan dan empat kekalahan dari Malaysia sejak tahun 2010.

Dua kekalahan terkini diderita skuad Garuda kala bersua Malaysia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia tahun 2019, yakni Indonesia kalah 2-3 dan 0-2. (ant/riz/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: