Minggu Pagi, Kualitas Udara Jakarta Menurun

Minggu Pagi, Kualitas Udara Jakarta Menurun

Polusi udara Jakarta: Penyebab dan besarnya indeks yang tercatat terburuk di Indonesia --pexels.com/Max Ravier

FIN.CO.ID - Kualitas udara di DKI Jakarta, Minggu 21 Januari 2024 menurun jika dibandingkan dengan kualitas Sabtu 20 Januari 2024. Hal itu sebagaimana data situs pemantau kualitas udara IQAIR.

Berdasarkan pantauan pada pukul 06.15 WIB, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta berada di angka 71 atau masuk dalam kategori baik dengan angka partikel halus (particulate matter/PM) 2,5, sementara pada Sabtu 20 anuari 2024 mencapai angka 59.

BACA JUGA:

Namun, situs pemantau kualitas udara dengan waktu terkini tersebut mencatatkan Jakarta sebagai kota dengan kualitas udara peringkat keempat puluh terburuk di dunia pada Minggu pagi ini.

Adapun kota dengan kualitas udara terburuk di dunia adalah Kolkata, India dengan indeks kualitas udara di angka 319, diikuti Dhaka, Bangladesh di angka 286 dan Delhi, India di angka 221.

Sementara itu, Sistem Informasi Lingkungan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta menyebutkan kualitas udara di Jakarta secara keseluruhan berada pada kategori sedang dengan indeks angka 74 dan polusi udara PM2,5.

Angka tersebut memiliki penjelasan tingkat kualitas udara yang tidak berpengaruh pada kesehatan manusia ataupun hewan tetapi berpengaruh pada tumbuhan yang sensitif, dan nilai estetika.

Sejumlah wilayah yang terpantau Bundaran HI (44), Kelapa Gading (45), Jagakarsa (63), Kebon Jeruk (40) dan Lubang Buaya sedang dalam tahap pengujian atau testing.​​​​

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: