Jangan Dibuang! Ini Manfaat Rambut Jagung Buat Kesehatan Tubuh Manusia, Nomor 9 Bisa Dicoba di Rumah

Jangan Dibuang! Ini Manfaat Rambut Jagung Buat Kesehatan Tubuh Manusia, Nomor 9 Bisa Dicoba di Rumah

Manfaat Rambut Jagung Buat Kesehatan Tubuh Manusia-fin/diolah-

FIN.CO.ID - Sudah tahu belum kalau rambut jagung kaya manfaat buat kesehatan tubuh manusia. Di antaranya dapat menurunkan tekanan darah, radang persendian dan kolesterol tinggi.

Dari hasil penelitian manfaat rambut jagung ini benar-benar nyata. Karena mengandung banyak senyawa antioksidan. Seperti saponin, fitosterol, allantoin dan tanin. 

Tak hanya itu. Manfaat rambut jagung lainnya adalah kaya serat, mengandung vitamin E, vitamin K, karbohidrat dan protein. 

Rambut jagung kerap diolah sebagai suplemen atau teh herbal. Orang awam menyebutnya teh rambut jagung. 

Banyak orang yang sudah merasakan manfaat rambut jagung ini untuk kesehatan tubuhnya. 

Penasaran kan? Berikut manfaat rambut jagung buat kesehatan tubuh manusia yang jarang diketahui.  

BACA JUGA:


Manfaat Rambut Jagung Buat Kesehatan Tubuh Manusia-fin/diolah-

Manfaat Rambut Jagung 

1. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Rambut jagung memiliki potensi sebagai pengobatan efektif untuk tekanan darah tinggi. Dari hasil penelitian selama 8 minggu, 40 orang dengan tekanan darah tinggi diberikan suplemen rambut jagung. Hasilnya terjadi penurunan signifikan dalam tekanan darah dibandingkan dengan kelompok kontrol. Ini menunjukkan rambut jagung dapat menjadi alternatif untuk diuretik yang umumnya digunakan untuk menurunkan tekanan darah.

2. Mampu Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Berdasarkan hasil riset, ekstrak rambut jagung dapat bertindak sebagai diuretik yang kuat. Artinya, rambut jagung dapat meningkatkan produksi urin, membantu mencegah penumpukan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK) dan infeksi kandung kemih. Selian itu, Ekstrak rambut jagung juga dapat meredakan peradangan, mengurangi rasa sakit akibat ISK.

3. Perlindungan Terhadap Penyakit Glaukoma

Sebuah penelitian menunjukkan orang dengan tekanan darah tinggi yang mengonsumsi rambut jagung memiliki risiko lebih rendah terkena glaukoma. Selain melindungi kesehatan jantung, rambut jagung juga bisa memberikan perlindungan terhadap glaukoma dan menjaga kualitas penglihatan mata tetap tajam.

4. Dapat Melawan Peradangan

Pigmen tumbuhan yang memberi warna pada rambut jagung memiliki kekuatan antioksidan setara dengan vitamin C. Antioksidan ini membantu melawan peradangan, melindungi tubuh dari efek penuaan, serta mencegah penyakit serius. Seperti kanker dan diabetes.

5. Kaya Antioksidan

Rambut jagung diketahui kaya senyawa antioksidan flavonoid. Ini , dapat menjadi pertahanan melawan stres oksidatif dan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, dapat membantu melawan penyakit jantung, kanker, peradangan dan diabetes.

BACA JUGA:

6. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Flavonoid pada rambut jagung dapat menjaga kesehatan jantung manusia. Senyawa ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Rambut jagung membantu mencegah pembentukan plak dalam arteri, mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

7. Dapat Meredakan Tekanan pada Mata

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: