Soal Bertebaran Spanduk Capres-Cawapres di Lokasi Kunjung Kerja Jokowi, Ini Penjelasan KSP Moeldoko

Soal Bertebaran Spanduk Capres-Cawapres di Lokasi Kunjung Kerja Jokowi, Ini Penjelasan KSP Moeldoko

Capres Cawapres 2024--

FIN.CO.ID - Spanduk calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) bertebaran di lokasi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Terkait sebaran spanduk capres-cawapres di lokasi kunjunga kerja Jokowi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko beri penjelasan seperti ini.

Dikatakannya untuk mengendalikan pemasangan spanduk pasangan capres-cawapres di lokasi kunjungan kerja Jokowi di suatu daerah sangat sulit.

Alasannya karena pemasangan biasanya dilakukan oleh sukarelawan.

"Kalau itu yang melakukan bukan unsur negara, ya sulit. Kalau itu dilakukan oleh relawan, memang tidak bisa kontrol," katanya di Jakarta, Selasa, 9 Januari 2024 mengomentari banyaknya poster atau spanduk pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat kunjungan kerja Jokowi di di Banten, Senin, 9 Januari 2024.

Menurut Moeldoko, harus dipastikan siapa yang pasang poster atau spanduk tersebut. Jika pemasangan tidak dilakukan aparat negara, hal itu sulit dikendalikan.

"Sepanjang itu tidak dilakukan aparat negara, nah itu sulit dikontrol. Akan tetapi, kalau aparat negara yang melakukan, itu perlu evaluasi," terangnya.

 

Menyoal adanya poster Prabowo-Gibran saat pembagian bantuan sosial oleh Presiden kepada masyarakat di Serang, Banten, Moeldoko mengatakan bahwa kemungkinan sukarelawan politik memanfaatkan momentum atau situasi untuk memasang atribut kampanye.

"Bisa saja dalam setiap kesempatan partai politik sukarelawan itu memanfaatkan situasi, kadang-kadang malah memasangnya saat-saat terakhir. Jadi, ya memang itu kegiatan politik yang memang dijalankan oleh aktor di luar aktor negara, itu masalahnya," jelasnya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: