Anies Baswedan Kaget dengan Sikap Jokowi: Presiden kok Berkomentar Soal Debat ya

Anies Baswedan Kaget dengan Sikap Jokowi: Presiden kok Berkomentar Soal Debat ya

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.--Dok PMJ

FIN.CO.ID- Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan mengaku kaget dengan sikap Presiden Joko Widodo yang mengomentari debat capres yang digelar pada Minggu 7 Januari 2024 di Istora Senayan, Jakarta.

Bukan saja itu, Presiden Jokowi juga meminta agar debat pilpres selanjutnya diformat dengan lebih baik lagi agar tidak saling serang personal. 

Atas sikap Presiden Jokowi itu, Anies Baswedan mengaku kaget. Dia enggan menanggapi lebih lanjut, dia hanya menyerahkan ke masyarakat untuk menilai sikap Jokowi tersebut. 

"Saya malah agak terkejut Pak Presiden kok berkomentar soal debat ya? Jadi saya tidak mau berkomentar terlalu banyak dah, biar publik aja nanti yang menilai," kata Anies di Gorontalo, Senin 8 Januari 2024.

Anies juga membantah pernyataan Presiden Jokowi yang menyebut debat tersebut saling serang personal hingga tidak ada subtansi dan tidak mencerdaskan masyarakat. 

Anies berujar, dia hanya membahas kinarja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan Keamanan.

"Malah aneh kalau dipandang sebagai personal, ini sama sekali tidak ada yang personal, semuanya adalah tentang kebijakan. Bisa direview ulang kok apa yang kemarin dibahas," kata Anies.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menilai, debat ketiga yang digelar pada 7 Januari 2024 itu kurang menampilkan subtansi dan visi-misi para calon presiden. Jokowi mengatakan, yang terjadi malah adanya saling serang personal.

"Yang pertama, saya memang melihat substansi dari visinya malah tidak kelihatan. Yang kelihatan justru saling menyerang, yang sebetulnya enggak apa-apa, asal (itu soal) kebijakan. Asal policy. Asal visi ya enggak apa-apa," ujar Jokowi.

Jokowi menilai, jika dalam debat terjadi serangan terhadap personal capres, maka itu tidak memberikan pendidikan kepada masyarakat yang menonton.

"Tapi, kalau yang sudah menyerang personal, pribadi yang tidak ada hubungan dengan konteks debat tadi malam, mengenai apa hubungan internasional, mengenai geopolitik, dan lain-lain, saya kira kurang memberikan pendidikan, kurang mengedukasi masyarakat yang menonton," katanya.

Oleh karena itu, menurut Presiden, kemungkinan ada banyak orang kecewa dengan jalannya debat capres pada Minggu malam.

Presiden Jokowi kemudian meminta agar debat pilpres selanjutnya diformat dengan lebih baik lagi.

"Ada rambu-rambu sehingga hidup, saling menyerang enggak apa-apa tapi (soal) kebijakan, policy, visinya yang diserang," ujar Jokowi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: