Survei Terbaru Puspoll Indonesia: Prabowo-Gibran 41 Persen, Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin Bersaing ke Putaran 2 Pilpres

Survei Terbaru Puspoll Indonesia: Prabowo-Gibran 41 Persen, Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin Bersaing ke Putaran 2 Pilpres

Survei Elektabilitas Capres Cawapres 2024 Terbaru, Jelang Pemilu-#news #nasional-NU Online

fin.co.id - Hasil Survei terbaru Lembaga Survei Pusat Polling (Puspoll) Indonesia menempatkan elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di posisi puncak dengan 41 persen.

Hasil survei tersebut menggambarkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan berlangsung 2 putaran, karena elektabilitas Prabowo-Gibran tak bisa mencapai 50 persen lebih.

Puspoll Indonesia merilis hasil survei terbarunya periode Desember 2023 terkait peta elektoral Pilpres 2024 yang diprediksi akan berlangsung dua putaran.

Berdasarkan hasil survei paslon Prabowo-Gibran menempati posisi teratas yakni sebesar 41,0 persen.

Sedangkan di urutan kedua ditempati paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebesar 27,6 persen yang ditempel ketat paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dengan perolehan 26,1 persen.

"Elektabilitas Prabowo-Gibran yang hanya 41 persen, hampir bisa dipastikan Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran. Pertarungan sengit akan terjadi antara paslon nomor 1 dan nomor 3 untuk maju ke putaran kedua," kata Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia, Muslimin Tanja saat jumpa pers via zoom, Jakarta, Selasa, 2 Januari 2024.

BACA JUGA:

Muslimin menjelaskan, berdasarkan hasil crosstab suara paslon berdasarkan wilayah Jawa yang menjadi wilayah pertempuran utama, di Jawa Barat Paslon Prabowo-Gibran menempati urutan pertama, lalu disusul oleh Paslon Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

Sementara itu, pasangan Ganjar-Mahfud yang menguasai daerah Jateng & DIY yang merupakan basis PDI-P, lalu disusul oleh Paslon Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin.

"Sedangkan di Jawa Timur yang merupakan mayoritas Nahdiyin atau NU, Prabowo-Gibran masih unggul berada di urutan pertama, lalu diikuti oleh paslon Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin," pungkasnya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: