Ini Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Januari 2024 Serta Bacaan Niatnya

Ini Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Januari 2024 Serta Bacaan Niatnya

Ilustrasi niat puasa--pixabay.com

FIN.CO.ID- Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa yang dilakukan 3 hari setiap bulan. Yakni di tanggal 13, 14 dan 15 bulan Hijriah. 

Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah. Artinya yang melaksanakan diganjar pahala, dan tidak melaksanakan tidak mendapatkan apa-apa. 

Menurut Ustadz Abdul Somad, puasa Ayyamul Bidh berasal dari kata Ayyam yang artinya hari. Dan Bidh yang artinya putih. Jadi, puasa Ayyamul Bidh adalah Puasa Hari Putih. Disebut hari putih, karena pada hari itu terdapat bulan yang bercahaya terang. 

"Kenapa disebut hari putih karena pada saat itu bulan sedang terang benderang menyinari bumi yang gelap. Maka begitu juga kita sebagai manusia yang khilaf, salah dan dosa ini ingin putih seputih cahaya. Maka puasa pada hari ke-13, 14 dan 15 bulan hijriah," ujar Ustad Abdul Somad lewat sebuah ceramahnya. 

BACA JUGA:

Puasa Ayyamul Bidh bersandar para hadis-hadis berikut: 

Abu Darda RA, ia mengatakan,

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

Artinya: "Kekasihku (Rasulullah SAW) berpesan kepadaku agar tidak sekali-kali meninggalkan tiga hal selama hidupku, yaitu puasa tiga hari setiap bulan, salat Dhuha, dan supaya aku tidak tidur sebelum mengerjakan salat Witir." (HR Muslim)

Menurut penjelasan dalam kitab Syarah Riyadhus Shalihin karya Musthafa Dib al-Bugha dkk yang diterjemahkan Misbah, tiga hari yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah tanggal 13, 14, dan 15 dalam bulan kamariah. Sebagaimana Qatadah bin Milhan RA mengatakan,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ يَأْمُرُنَا بِصِيَامٍ أَيَّامِ الْبِيضِ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ

Artinya: "Rasulullah SAW menyuruh kami untuk berpuasa pada Ayyamul Bidh yakni tanggal 13, 14, dan 15." (HR Abu Dawud)

BACA JUGA:

Abu Dzar RA juga mengatakan bahwa Nabi SAW bersabda,

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: