Kawal Laporan Keuangan Koperasi, LPDB-KUMKM Jadi Mitra Kerja Ikatan Akuntan Indonesia

Kawal Laporan Keuangan Koperasi, LPDB-KUMKM Jadi Mitra Kerja Ikatan Akuntan Indonesia

LPDB-KUMKM Jadi Mitra Kerja Ikatan Akuntan Indonesia--

FIN.CO.ID - Stabilitas perekonomian nasional menjadi salah satu pondasi yang kuat dalam laju pertumbuhan ekonomi nasional, salah satu komponen penting dalam sektor ekonomi adalah peran akuntansi.

Akuntansi berperan dalam merencanakan perekonomian Negara melalui data-data atau laporan-laporan yang disediakan dan dapat dibandingkan melalui pergerkan ekonomi dari periode ke periode lainnya agar dapat membuat pemerintah untuk mengambil keputusan dalam rangka pembangunan ekonomi negara.

Sebagai lembaga negara yang bergerak dalam sektor keuangan, Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) secara resmi menjadi salah satu Corporate Partner atau mitra kerja dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Adapun Corporate Partner merupakan salah satu program strategis IAI dalam peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) akuntan adalah Corporate Partner.

Program ini merupakan bentuk kerja sama strategis yang memberikan keunggulan kompetitif entitas dalam peningkatan kualitas laporan keuangan yang akan memberikan berbagai manfaat seperti peningkatan kompetensi SDM akuntan, update perkembangan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) terkini, dan beasiswa ujian Chartered Accountant (CA) IAI.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo mengatakan, sektor koperasi merupakan salah satu sektor penting dalam pergerakan perekonomian, apalagi jumlah koperasi di Indonesia cukup banyak dan tersebar diberbagai wilayah Indonesia.

Menurutnya, menjadi hal yang sangat strategis IAI bersama LPDB-KUMKM berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas dan juga kredibilitas laporan keuangan daripada koperasi.

"Terlebih LPDB-KUMKM sebagai lembaga yang fokus pada pinjaman atau pembiayaan kepada koperasi, tentunya sangat concern terhadap laporan keuangan koperasi dalam proses pengajuan pinjaman atau pembiayaan dana bergulir," kata Supomo di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

Menurut Supomo, dalam proses pinjaman atau pembiayaan LPDB-KUMKM melaksanakan analisa bisnis terhadap mitra koperasi yang mengajukan pinjaman kepada LPDB-KUMKM salah satunya melalui laporan keuangan yang dilihat, dipelajari, dan dianalisa secara menyeluruh, agar menghasilkan keputusan yang tepat apakah koperasi tersebut bisa mendapatkan pinjaman dana bergulir atau tidak.

"Tentunya kami sangat prudent dalam menyalurkan dana bergulir, dan kami juga akan terus mengawal para koperasi untuk memiliki laporan keuangan yang baik, berkualitas, dan memiliki standar sesuai dengan standar dari Ikatan Akuntan Indonesia," kata Supomo.

Adapun, lanjut Supomo, salah satu upaya mendorong sektor koperasi memiliki laporan keuangan yang baik dan sesuai standar adalah berkolaborasi dengan Ikatan Akuntan Indonesia melalui program Corporate Partner.

"Sehingga kedepan akan menjadi sangat baik bagi koperasi dan LPDB-KUMKM karena ada partner yang berstandar dan diakui oleh negara yakni IAI, dan pendampingan LPDB-KUMKM kepada koperasi dalam hal laporan keuangan menjadi lebih terarah, menganalisa juga tentu lebih baik dan terstruktur karena kami juga telah melakukan MoU bersama IAI," terang Supomo.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo juga dilantik sebagai Pengurus Kompartemen Akuntansi Sektor Bisnis IAI sebagai Bidang Organisasi dan Keanggotaan dengan Masa Bakti 2023 sampai dengan 2027.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: