Malam Ini, Total 1.807 Gereja di DKI Jakarta Dikawal Ketat 4.041 Aparat Polda Metro Jaya

Malam Ini, Total 1.807 Gereja di DKI Jakarta Dikawal Ketat 4.041 Aparat Polda Metro Jaya

Tim Gegana Dari Polda Metro Jaya Saat Mensterilkan Area Gereja Dari Kemungkinan Adanya Bom Atau Bahan Peledak (dok)--

FIN.CO.ID - Sebanyak 1.807 gereja yang merayakan Natal 2023 di DKI Jakarta dan sekitarnya mendapat pengawalan ketat dari 4.041 aparat Polda Metro Jaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan ribuan aparat Polda Metro Jaya telah melakukan pengawalan dan penyisiran di gereja-gereja untuk pengamanan perayaan Natal 2023.

"Jumlah gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang kita amankan sebanyak 1.807 gereja," katanya, Minggu, 24 Desember 2023.

Trunoyudo merinci sebanyak 138 gereja di Jakarta Pusat, 287 gereja di Jakarta Utara, 204 gereja di Jakarta Barat, 126 gereja di Jakarta Selatan, dan 171 gereja di Jakarta Timur.

Dia menambahkan 213 gereja di Kota Tangerang, 277 gereja di Kota Bekasi, 144 gereja di Kabupaten Bekasi, 165 gereja di Depok, 81 gereja di Tangerang Selatan, dan 1 gereja di kawasan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

"Nantinya, 1.807 gereja tersebut akan dijaga 4.041 personel gabungan yang disiagakan dalam Operasi Lilin Jaya 2023," ucapnya.

BACA JUGA:

Personel gabungan tersebut terdiri atas Kepolisian, TNI, dan pemerintah daerah, dan unsur-unsur lain yang berkompeten, kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto di Balai Polda Metro Jaya, Senin (18/12).

Karyoto menjelaskan bersama TNI dan pemangku kepentingan lainnya telah menyelenggarakan rapat koordinasi perihal ancaman-ancaman yang mungkin terjadi sekaligus cara penanganan di lapangan.

"Dengan cara-cara komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi dan pembentukan unsur-unsur pelayanan dan pengamanan dan salah satu modal yang luar biasa. Kami menjamin aparat pemerintah, TNI, Polri, dan masyarakat tetap solid, " ucapnya.

Karyoto juga memfokuskan pengamanan beberapa tempat wisata dan rumah ibadah bahkan untuk rumah ibadah akan dilaksanakan sterilisasi terlebih dahulu sebelum digunakan

"Tempat ibadah ini kan tempat kumpulnya orang banyak, besok para Kasatker (Kepala Satuan Kerja) Kapolres yang turun di lapangan langsung sebagai komandan pengamanan objek harus bisa memetakan kerawanan seperti apa, yang paling penting kalau di suatu daerah udah bisa kita petakan, " ucap Karyoto.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: