472 Tentara Israel Tewas, Netanyahu Hentikan Operasi Darat dan Beralih Perang Udara di Gaza

472 Tentara Israel Tewas, Netanyahu Hentikan Operasi Darat dan Beralih Perang Udara di Gaza

Situasi Gaza terkini: AS Veto Resolusi PBB - Israel makin biadab! --CNBC

FIN.CO.ID- Israel sedang bersiap untuk mengakhiri operasi darat militer di Jalur Gaza dalam beberapa pekan mendatang. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari perang tahap ketiga. Demikian laporan media resmi Israeli Public Broadcasting Corporation pada Jumat 22 Desember 2023.

Media tersebut mengatakan bahwa tentara Israel sedang bersiap melanjutkan ke tahap ketiga pertempuran di Gaza dalam beberapa pekan mendatang, sesuai capaian operasi.

Perang tahap ketiga di Gaza ini mencakup penghentian operasi darat di Jalur Gaza, mengurangi jumlah pasukan angkatan darat dan penarikan pasukan cadangan. 

Kemudian mereka beralih ke serangan udara, dan mendirikan zona penyangga di perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza. 

Laporan tersebut mengeklaim bahwa pasukan Israel telah merebut kendali di sebagian besar wilayah Gaza utara, tetapi mereka menghadapi kesulitan besar di wilayah Gaza selatan.

BACA JUGA:

472 Tentara Israel Tewas

Sedikitnya 472 tentara Israel tewas sejak operasi darat yang dilakukan Israel ke Gaza sejak 7 Oktober 2023.

Situs berita Walla dan Saluran 12 Israel melaporkan pada Kamis bahwa salah satu pasukan mereka di Gaza, yang dikenal sebagai Brigade Golani, telah kehilangan 44 tentara dalam 70 hari pertempuran.

"Pasukan tersebut meninggalkan Gaza untuk melakukan restrukturisasi internal dan mengunjungi keluarga mereka selama beberapa hari, menurut laporan tersebut.

Serangan Israel di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023 telah menewaskan lebih dari 20.000 warga Palestina, mayoritas perempuan dan anak-anak, dan melukai 53.320 orang, menurut otoritas kesehatan setempat.

BACA JUGA:

Serangan membabi buta Israel juga menyebabkan kehancuran di Gaza. Separuh kawasan permukiman rusak dan hancur, dan hampir 2 juta orang terpaksa mengungsi di daerah kantong padat penduduk itu di tengah kekurangan makanan dan air bersih.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan di X pada Sabtu bahwa penduduk Gaza sedang menderita kelaparan.

Netanyahu Bersumpah Musnahkan Hamas

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada menegaskan bahwa pemerintahnya tidak akan menghentikan perang di Gaza sampai target-target Israel tercapai.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: