KPK OTT Gubernur Maluku Utara dan 14 Pejabat Lainnya, Terkait Dugaan Korupsi Lelang Jabatan

KPK OTT Gubernur Maluku Utara dan 14 Pejabat Lainnya, Terkait Dugaan Korupsi Lelang Jabatan

Ilustrasi Gedung KPK--rri.co.id

FIN.CO.ID - Komisi Pembarantasan Korupsi (KPK) dikabarkan melakukan operasi tangkap tangan (OTT) Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba.

Selain Gubernur Maluku Utara, KPK menangkap 14 orang lainnya diantaranya pejabat daerah sampai pihak swasta.

"Sejauh ini lebih dari 15 orang yang ditangkap baik di Jakarta Selatan maupun kota Ternate. Diantaranya benar Gubernur Maluku Utara dan beberapa pejabat lainnya serta pihak swasta," ucap Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, pada Selasa, 19 Desember 2023.

KPK juga mengamankan sejumlah uang dari OTT tersebut yang diduga berkaitan dengan suap lelang jabatan serta proyek pengadaan barang dan jasa.

BACA JUGA:

Ali memastikan bahwa para pihak yang ditangkap masih dilakukan pemeriksaan intensif hingga pagi ini.

KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan dalam OTT tersebut. Lembaga antirasuah ini berjanji akan mengumumkan secara transparan para pihak yang diamankan hingga kronologi OTT di Maluku Utara dan Jakarta.

KPK Geledah Kediaman Gubernur Maluku Utara

Sebelumnya, KPK menggeledah kediaman Gubernur Provinsi Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba tepatnya di lantai 2 di Kota Ternate.

Selain rumah Abdul Gani, KPK juga menggeledah sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Malut, Senin 18 Desember 2023.

Salah seorang penjaga kediaman Gubernur Malut yang enggan menyebut identitas-nya mengatakan, tim KPK sudah saat tiba pada Senin 18 Desember 2023 petang. 

KPK langsung masuk dan menyegel ruang Gubernur yang berada di atas lantai dua tepatnya di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Takoma, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate.

BACA JUGA:

Setelah digeledah oleh KPK, suasana di kediaman orang nomor satu di Malut itu, sepi, hanya terlihat sejumlah awak media yang berada depan kediaman.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: