Cara Cek Isi Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online, Bisa Pakai HP

Cara Cek Isi Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online, Bisa Pakai HP

Cara Cek Isi Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online, Bisa Pakai HP--Google Photos

fin.co.id - Berikut ini adalah cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online hanya menggunakan handphone.

BPJS Ketenagakerjaan adalah progam asuransi sosial yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS untuk melindungi tenaga kerja.

BPJS melindungi para tenaga kerja atau pekerja di Indonesia dari risiko ketidakpastian sosial, seperti risiko kehilangan pekerjaan, sakit, cacat, atau meninggal dunia. 

Program ini merupakan bentuk perlindungan sosial yang diwajibkan oleh pemerintah Indonesia bagi seluruh tenaga kerja di Indonesia, baik itu tenaga kerja formal maupun informal.

BACA JUGA:

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

1. Melalui Website BPJS Ketenagakerjaan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan mengakses website resmi BPJS Ketenagakerjaan di alamat https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Setelah masuk ke halaman utama website BPJS Ketenagakerjaan, pilih menu "Peserta" dan kemudian pilih "Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan".


Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online--

Selanjutnya, masukkan nomor BPJS Ketenagakerjaan dan tanggal lahir sesuai dengan data yang terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan.

2. Melalui Aplikasi Mobile BPJS Ketenagakerjaan

Selain melalui website, cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan mengunduh aplikasi mobile BPJS Ketenagakerjaan di Google Play Store atau App Store.

BACA JUGA:

Kemudian login menggunakan nomor BPJS Ketenagakerjaan dan tanggal lahir lalu pilih menu "Saldo dan Mutasi" untuk mengetahui jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan yang tersisa.

3. Melalui SMS

Cara ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan mengirimkan SMS ke nomor 2757 dengan format: INFO (spasi) NIK (spasi) TANGGAL LAHIR (contoh: INFO 123456789 01-01-1990).

Setelah itu, Anda akan menerima balasan SMS yang berisi informasi mengenai jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan yang tersisa pada akun BPJS Ketenagakerjaan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Brigita

Tentang Penulis

Sumber: