Hero Supermarket dan FoodCycle Indonesia Luncurkan Program Hero x FoodCycle Farm Wujudkan Sistem Pangan Sirkular

Hero Supermarket dan FoodCycle Indonesia Luncurkan Program Hero x FoodCycle Farm Wujudkan Sistem Pangan Sirkular

Hero Supermarket dan FoodCycle Indonesia Luncurkan Program Hero x FoodCycle Farm Wujudkan Sistem Pangan Sirkular --

fin.co.id – Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2022, jumlah timbunan sampah di Indonesia telah mencapai angka 36,1 juta ton. 

Diperkirakan, 40.3% di antaranya merupakan limbah sisa makanan yang belum dapat terkelola dengan baik. Hal ini menambah deretan panjang isu persoalan sampah yang menjadi tantangan di Indonesia. 

Menyikapi kondisi ini, PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) melalui unit bisnisnya Hero Supermarket, berkolaborasi dengan FoodCycle Indonesia untuk membantu mengurangi limbah organik melalui program Hero x FoodCycle Farm.

Hero Supermarket memiliki peran dan kontribusi penting dalam mendukung kelestarian lingkungan, di mana sebagai ritel yang telah menerapkan prinsip keberlanjutan dalam operasional bisnisnya, Hero selalu berupaya memberikan dampak positif kepada lingkungan sekitar. 

Hero mewujudkannya dengan komitmen dan rencana keberlanjutan melalui berbagai inisiatif di bawah naungan program Hero For Life.

BACA JUGA:PLN Beberkan Strategi Atasi Trilema Energi di Universitas Brawijaya

Hero x FoodCycle Farm merupakan inisiatif terbaru yang dilakukan Hero Supermarket dan FoodCycle Indonesia (FCI) untuk pengelolaan limbah organik dengan menggunakan teknologi biokonversi Black Soldier Fly (BSF). 

Hero Supermarket dan FCI menghadirkan program terobosan baru untuk mengatasi limbah makanan yang dihasilkan dari kegiatan bisnis sehari-hari, di mana Hero bertanggung jawab meminimalisir dampak tersebut.

Direktur Hero Supermarket, Hendy mengatakan, salah satu permasalahan yang harus dihadapi dan tanggulangi bersama adalah isu food waste di Indonesia yang kian genting. 

Sebagai pionir ritel modern yang tumbuh bersama masyarakat Indonesia lebih dari 52 tahun, Hero Supermarket berkomitmen menciptakan lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan. 

"Hero memastikan untuk menekan dampak negatif secara maksimal dari setiap langkah operasional bisnis yang dilakukan. Kami berharap program Hero x FoodCycle Farm tidak hanya mewujudkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan namun juga menjadi added value baik untuk Hero Supermarket, FCI, maupun masyarakat Indonesia,” beber Hendy, lewat keterangan resminya Senin 4 Desember 2023.

BACA JUGA:Kode Redeem ML Hari Ini 4 Desember 2023, Bisa Dapat Skin dan Diamond Gratis!

Melalui program Hero x FoodCycle Farm, Hero Supermarket dan FCI tidak hanya mampu mengatasi penyerapan sampah organik setiap harinya namun juga mengurangi sekitar 4,5 ton emisi CO2 setiap bulannya dikarenakan proses pengelolaan limbah makanan ini dilakukan langsung di area toko Hero tanpa perlu berpindah tempat seperti proses kelola sampah pada umumnya. 

Menariknya, program ini juga menghasilkan pupuk organik yang dimanfaatkan untuk budi daya pertanian petani lokal, di mana hasil produk tersebut juga akan dipasarkan di sejumlah toko Hero Supermarket. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: