Gunung Marapi Erupsi, 14 Kecamatan Terdampak Hujan Abu dan Batu

Gunung Marapi Erupsi, 14 Kecamatan Terdampak Hujan Abu dan Batu

14 kecamatan terdampak erupsi Merapi Sumatera Barat--Istimewa

FIN.CO.ID- Gunung Marapi di Sumatera Barat dilaporkan erupsi pada Minggu 3 Desember 2023 kemarin dengan melontarkan batu dan pasir dalam radius 3 km. Saat ini merapi ditetapkan dalam tingkat aktivitas level II (Waspada). 

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Hendra Gunawan menjelaskan, erupsi Marapi terjadi pada pukul 14.54 WIB dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 3.000 meter di atas puncak (sekitar 5.891 di atas permukaan laut).

"Masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki dan beraktivitas pada radius 3 km dari kawah atau puncak," ujar Hendra.

BACA JUGA:


Gunung Merapi kembali meluncurkan guguran awan panas dengan jarak luncur sejauh 2.000 meter ke arah barat daya pada Selasa, 19 April 2022 siang.--

PVMBG juga melaporkan, berdasarkan pengamatan visual, gunung api itu terlihat jelas hingga tertutup kabut, sedangkan asap kawah tidak teramati. 

Cuaca terpantau cerah hingga hujan, dengan angin lemah ke arah utara, timur laut, timur, tenggara, selatan, barat daya, barat, dan barat laut.

Suhu udara terpantau sekitar 18-28,8 C, dengan kelembaban 54,7-91,4 persen, dan tekanan udara 680,5-683 mmHg.

Sedangkan berdasarkan pengamatan instrumental, data kegempaan Gunung Marapi dalam dua pekan terakhir didominasi oleh gempa tektonik jauh, dengan data kegempaan selengkapnya berupa satu kali gempa vulkanik dalam, 13 kali gempa tektonik lokal, dan 45 kali gempa tektonik jauh.

Berdasarkan peta kawasan rawan bencana (KRB) Gunung Marapi, terdapat potensi ancaman bahaya yang dibagi dalam tiga tingkatan, yakni KRB III, atau kawasan sumber erupsi (daerah puncak dan sekitarnya) dalam radius 3 km.

BACA JUGA:


Gunung Anak Krakatau erupsi dengan status siaga--

14 Kecamatan Terdampak

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatra Barat mencatat sebanyak 14 dari 16 kecamatan di daerah itu terdampar hujan abu dan batu usai Gunung Marapi erupsi. 

"Ini data yang kita peroleh dari masing-masing camat," kata Sekretaris BPBD Agam Olkawendri di Lubuk Basung, Minggu 3 Desember 2023.

Ia mengatakan, ke 14 kecamatan yang terdampak hujan abu dan batu sebanyak empat kecamatan yakni, Kecamatan Canduang, Sungai Pua, Ampek Angkek dan Malalak. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: