Tak Ada Sesi Debat Khusus Cawapres, Begini Respon Mahfud MD

Tak Ada Sesi Debat Khusus Cawapres, Begini Respon Mahfud MD

Menko polhukam / Cawapres - Mahfud Md -Fianda Sjofjan Rassat-ANTARA

FIN.CO.ID - Calon wakil presiden (Cawapres) Mahfud MD mengomentari peniadaan debat khusus cawapres pada Pilpres 2024.

Mahfud menyebut dirinya tak mempermasalahkan ada atau tidaknya sesi debat khusus bagi cawapres. Namun dia memastikan akan siap mengikuti debat.

"Saya siap debat khusus maupun tidak khusus, namanya calon pemimpin harus siap," katanya usai menghadiri Musyawarah Kerja Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta Utara, Jumat, 1 Desember 2023.

Dikatakannya, dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal apakah akan ada sesi debat khusus cawapres atau tidak.

"Kalau ditiadakan atau tidak diadakan ya terserah KPU saja kan mereka yang atur," ujarnya.

Mahfud juga menegaskan dirinya hadir ke Mukernas MUI bukan dalam rangka kampanye.

BACA JUGA:

"Hari ini saya tidak kampanye, saya diundang, tapi kalau kampanye juga enggak salah karena ini kan masa kampanye, tapi saya tadi tidak kampanye," ujarnya.

KPU Hapus Debat Khusus Cawapres

Ada kabar mengejutkan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait debat calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres). 

KPU memutuskan pada penyelenggaraan Pilpres 2024 meniadakan debat cawapres berbeda dengan Pilpres 2019. 

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan, lima putaran debat pada dasarnya terdiri atas tiga kali debat antarcapres dan dua kali antarcawapres. 

Kendati begitu, dalam lima kali debat itu pasangan capres-cawapres selalu hadir bersamaan. Hanya porsi berbicaranya yang dibedakan.

"Lima kali debat itu pasangan calon semuanya hadir. Hanya saja, proporsi bicaranya yang berbeda. Pada saat debat capres, maka proporsinya capres untuk bicara lebih banyak. Ketika debat cawapres proporsinya untuk cawapres lebih banyak," kata Hasyim kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, dikutip Jumat, 1 Desember 2023.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: