Jangan Anggap Remeh! Ini Beberapa Penyebab Tangan Kesemutan

Jangan Anggap Remeh! Ini Beberapa Penyebab Tangan Kesemutan

Ilustrasi - Beberapa Penyebab Tangan Kesemutan--(Google Photos)

FIN.CO.ID - Berikut ini beberapa penyebab tangan kesemutan yang tidak boleh dianggap remeh dan harus diperhatikan.

Kesemutan sendiri merupakan sensasi mati rasa, kebas, atau seperti ditusuk-tusuk jarum yang sering muncul di tangan atau kaki.

Anda mungkin pernah mengalami kesemutan ketika baru bangun dari tidur, setelah duduk atau dalam posisi tertentu dalam waktu yang lama.

Sensasi kesemutan pada tangan ataupun bagian tubuh lain mungkin terasa tidak nyaman, namun biasanya sementara dan tidak berbahaya.

BACA JUGA:Musim Hujan Tiba: Ini Rekomendasi Obat Flu yang Ampuh untuk Dipersiapkan

Namun, apakah kalian tahu apa yang menjadi penyebab terjadinya kesemutan? berikut beberapa penyebabnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Penyebab Umum Tangan Kesemutan

1. Posisi Tertentu

Salah satu penyebab tangan kesemutan yaitu posisi tubuh yang menekan saraf. Hal tersebut bisa terjadi ketika Anda tidur dengan lengan tertekuk di bawah kepala atau duduk dengan kaki bersila terlalu lama.

Hal ini dapat menyebabkan penekanan pada saraf, menghambat aliran darah, dan juga dapat menyebabkan kesemutan bersifat sementara.

BACA JUGA:Wanita Menopause Tidak Disarankan Meminum Air Jahe Secara Rutin

2. Gangguan Cervical

Selain itu, masalah di leher atau tulang belakang leher dapat menyebabkan kesemutan di tangan. Cidera atau hernia di leher dapat mengganggu saraf yang menuju ke tangan, menyebabkan sensasi kesemutan dan mati rasa.

3. Diabetes

Penyebab kesemutan yang satu ini wajib kalian ketahui, diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada saraf (neuropati) yang sering kali menyebabkan kesemutan di tangan dan kaki. Pengendalian gula darah yang buruk pada penderita diabetes dapat memperburuk gejala ini.

4. Kurangnya Vitamin B12

Defisiensi vitamin B12 dapat menyebabkan neuropati perifer, yang dapat menyebabkan kesemutan di tangan dan kaki. Pastikan asupan nutrisi Anda mencukupi untuk mencegah defisiensi ini.

5. Cedera atau Trauma

Cedera fisik pada tangan atau lengan, seperti patah tulang atau tekanan berulang pada saraf juga dapat menjadi salah satu penyebab kesemutan.

6. Gangguan Vaskular

Masalah dengan aliran darah ke tangan, seperti pembekuan darah atau penyumbatan arteri, juga dapat menyebabkan sensasi kesemutan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: