Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Timnas Indonesia Petik Poin Perdana

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Timnas Indonesia Petik Poin Perdana

Timnas Indonesia--(PSSI)

FIN.CO.ID - Timnas Indonesia berhasil mengimbangi tuan rumah Filipina dengan skor akhir 1-1 di Stadion Rizal Memorial, Selasa, 21 November 2023.

Atas hasil tersebut, Timnas Indonesia berhasil memetik poin perdana di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua.

Tim tuan rumah unggul lebih dulu di menit ke-23 lewat gol yang dicetak oleh Patrick Reichelt.

Sedangkan gol timnas Indonesia berasal dari tendangan kaki kiri Saddil Ramdani yang menyamakan kedudukan pada menit ke-70.

Indonesia memulai laga dengan tampil buruk karena banyak melakukan kesalahan individu yang membuat tim tuan rumah menghujani gawang Ernando Ari dengan ancaman berbahaya.

BACA JUGA:Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Piala Dunia U-17 2023

Puncaknya, setelah mendapatkan banyak peluang berbahaya, Filipina menghukum Indonesia ketika Reichelt yang memanfaatkan kesalahan pemain Garuda mampu mencetak gol untuk membuat timnya unggul 1-0.

Setelah tertinggal satu gol, Indonesia membuat perubahan dengan memasukkan Witan Sulaeman untuk menggantikan Sandy Walsh pada menit ke-30. Hasilnya, Indonesia lebih mampu memainkan bola dari kaki ke kaki walaupun masih gagal menyamakan kedudukan pada 45 menit pertama.

Setelah tertinggal satu gol di babak pertama, Indonesia memulai laga babak kedua dengan memasukkan pemain baru Pratama Arhan untuk menggantikan Shayne Pattynama.

Perubahan ini membuat Indonesia memulai babak kedua dengan percaya diri dan lebih tenang. Aliran bola yang dilancarkan penggawa Garuda lebih mengalir dengan baik dan kesalahan-kesalahan di babak pertama tidak terulang. Namun, hingga 20 menit jalannya laga, Garuda masih kesulitan menembus pertahanan tim tuan rumah.

Pasukan Shin Tae-yong terus bersabar untuk menjebol pertahanan Filipina. Kesabaran itu berbuah manis ketika Saddil Ramdani muncul sebagai penyama kedudukan ketika sepakan kaki kirinya pada menit ke-70 membuat Neil Etheridge mati kutu setelah ia memanfaatkan umpan Ricky Kambuaya yang sebelumnya melakukan aksi individual. Skor menjadi sama kuat 1-1.

Setelah berhasil menyamakan kedudukan membuat Indonesia mendapatkan angin kedua. Tiga menit setelah gol Saddil, Indonesia hampir membalikkan keadaan. Namun, sepakan keras kaki kiri Witan dari depan gawang setelah dirinya memimpin serangan balik masih gagal merobek jala tim tuan rumah.

Kedua tim sempat surut dalam penciptaan peluang sebelum kemudian ​​​​​saling jual beli serangan di menit-menit akhir laga. Saat laga memasuki menit ke-85, Indonesia mendapatkan peluang yang berawal dari situasi cerdik tendangan bebas.

Struick yang bergerak tanpa bola mendapatkan umpan datar dan menendang bola dengan kaki kanannya. Namun, tendangannya masih diamankan Etheridge.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: