TNI AU Akhirnya Ungkap Kondisi 2 Pesawat Tempur Super Tucano yang Jatuh di Pasuruan

TNI AU Akhirnya Ungkap Kondisi 2 Pesawat Tempur Super Tucano yang Jatuh di Pasuruan

Puing ekor pesawat TT-3103 Super Tucano milik TNI AU yang jatuh--Viva

FIN.CO.ID - TNI Angkatan Udara (AU) akhirnya mengungkap kondisi 2 pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano yang jatuh di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur pada Kamis, 16 November 2023.

Diungkapkap Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI R Agung Sasongkojati kondisi sebelum terbang pesawat tempur Super Tucano dengan nomor ekor TT-3111 dan TT-3103 dalam kondisi baik dan tidak ada masalah.

"Kondisinya serviceable, artinya, pesawat sangat siap untuk terbang dan sangat siap untuk dipergunakan," ucapnya di Malang, Jawa Timur.

Dijelaskannya, pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano milik Skuadron 21 Lanud Abd Saleh Malang tersebut, merupakan pesawat yang siap untuk diterbangkan tanpa ada masalah sama sekali pada hari kejadian kecelakaan tersebut.


Tangkapan layar kondisi pesawat sebelum jatuh--ist

Menurutnya, pesawat yang tiba di Indonesia dari Brasil pada 2012 tersebut, merupakan pesawat yang modern dan canggih. Sebelum melakukan penerbangan pada Kamis (16/11) pukul 10.51 WIB tersebut, kondisi pesawat tersebut dalam kondisi prima.

BACA JUGA:

"Tidak ada masalah sama sekali dengan pesawatnya. Pesawat tersebut modern dan canggih," tuturnya.

Fokus Cari Black Box

Di sisi lain dia juga mengungkapkan tim investigasi yang dibentuk TNI AU saat ini fokus mencari Flight Data Recorder (FDR) atau perekam data penerbangan atau black box.

Dikatakannya tim investigasi saat ini sudah mencapai lokasi di mana dua pesawat tersebut terjatuh.

"Saat ini tim investigasi sudah mencapai di tempat sasaran sedang mengumpulkan data-data terkait dengan kecelakaan, mengamankan barang-barang yang merupakan alat investigasi, dan akan mengamankan Flight Data Recorder pesawat," kata Agung.

Agung menjelaskan pihaknya masih belum bisa memastikan apakah FDR dua pesawat dengan nomor ekor TT-3111 dan TT-3103 tersebut sudah diamankan Tim Investigasi TNI AU. Namun, dengan kondisi bangkai pesawat yang relatif utuh besar kemungkinan FDR ditemukan.


Pesawat TNI jatuh--

Selain berupaya mengamankan FDR,  katanya, tim investigasi akan mengumpulkan bukti-bukti pendukung lain, seperti jarak jatuh badan pesawat dengan serpihan-serpihan di lokasi kejadian.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: