Masalah Sistem Maps atau Navigasi BMW iX Sudah Terselesaikan

Masalah Sistem Maps atau Navigasi BMW iX Sudah Terselesaikan

i BMW iX yang dipamerkan di BMW Astra Serpong, Rabu (9/8/2023). -ANTARA/Livia Kristianti-

fin.co.id - Operation Manager BMW Astra Teguh Widodo mengatakan bahwa permasalahan pada sistem maps atau navigasi yang ada pada kendaraan elektrik terbaru mereka yakni BMW iX sudah terselesaikan.

“Kami memang sudah terima komplain itu dan kami sudah menyelesaikan masalah itu,” kata Teguh Widodo di Jakarta, Senin 13 November 2023.

Dia memang membenarkan permasalahan itu sempat terjadi di kendaraan elektrik terbaru mereka beberapa waktu yang lalu, permasalahan itu menjadi tanggung jawab principal.

Hingga saat ini, Teguh menyatakan bahwa permasalahan itu sudah bisa diselesaikan oleh tim purnajual atau aftersales dari BMW Astra yang menimpa pemilik kendaraan elektrik terbaru dari BMW itu.

“Masalah itu memang karena software saja ya, kami selaku diler hanya bertugas untuk menjual. Ketika ada masalah pada kendaraan kita akan langsung lapor ke principal dan masalah itu juga kita langsung lapor ke sana, jadi semua sudah beres dari tim aftersales kami,” ujar dia.

Sebelumnya, memang sempat terdapat sebuah aduan yang menyatakan bahwa pemilik merasa dirugikan akibat masalah tersebut. 

BACA JUGA:

Menurut pengakuan pemilik BMW iX, Kevin Mintaraga bahwa Fitur Google Maps dan Apple Maps pada Apple CarPlay tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

“Mereka (fitur maps) secara terus-menerus mengubah arahan secara tak terduga. Kegagalan ini menjadi kekhawatiran keselamatan bagi saya dan anak-anak selama berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan tol menuju Tangerang, saat peta mendadak menyarankan untuk keluar dari rute,” jelas dia dilansir dari Antara, Senin 13 November 2023.

Konsumen yang sudah akrab dengan berbagai kendaraan dari BMW ini merasa tidak nyaman menggunakan kendaraan ini. Pasalnya dia selalu memanfaatkan Google Maps untuk mobilitasnya sehari-hari ketika menggunakan BMW iX.

Menurut pengakuan dia, BMW Astra sebagai diler resmi BMW di Indonesia belum bisa menyelesaikan masalah yang membuat dirinya jengkel. Terlebih dirinya harus menunggu lebih lama untuk perbaikan masalah yang dialami oleh kendaraannya.

“Setelah pemeriksaan, mereka menyatakan bahwa mereka tidak dapat memperbaikinya dan mengatakan bahwa ini adalah masalah global yang sudah diketahui. Mereka menyarankan saya untuk menunggu pembaruan perangkat lunak. Telah lebih dari tiga bulan berlalu tanpa adanya pembaruan,” kata dia.

Meski pihak BMW Astra menyatakan sudah menyelesaikan tugasnya untuk memperbaiki kendaraan konsumen yang bermasalah pada maps tersebut. Kevin saat di hubungi ANTARA melalui pesan singkat tidak membenarkan hal itu.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: