Gunakan Metode Pengecoran Yang Efisien, Hakaaston Rampungkan Produksi Precast Dengan Kualitas Terbaik

Gunakan Metode Pengecoran Yang Efisien, Hakaaston Rampungkan Produksi Precast Dengan Kualitas Terbaik

Ilustrasi - Precast berupa PCI Girder yang terpasang di Jalan Tol Trans Sumatera yang diproduksi PT Hakaston (HKA)-Credit Image: HKA-

FIN.CO.ID - Anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) (HK), PT Hakaaston (HKA) melalui salah satu Unit Produksi (UP) nya yang berada di Riau, UP Bangkinang telah merampungkan pekerjaan precast-nya dengan tepat waktu dan produk berkualitas. 

Produk precast seperti PCI Girder, Barrier, Precast dan U-Ditch telah terinstall seluruhnya di dua ruas JTTS (Jalan Tol Trans Sumatera) yang terdapat di ruas Pekanbaru - Dumai dan ruas Pekanbaru - Bangkinang di Riau dengan instalasi lebih cepat dari target dalam pekerjaan pemasangan precast U-ditch atau saluran drainase di lokasi pekerjaan STA 3 hingga STA 4 Tol Pekanbaru - Bangkinang.

Pekerjaan produksi di UP Bangkinang mprecasteliputi 94 bentang PCI Girder, 90 ribu meter kubik volume Median Concrete Barrier, 10 ribu meter kubik volume U-Ditch, dan 1.990 panel Full Slab.

Selain produk precast tersebut, UP Bangkinang juga memproduksi median precast yang berfungsi mempercantik ruas Pekanbaru - Bangkinang, yakni Planter Box atau box precast yang digunakan untuk menanam tumbuhan di median jalan dengan total produksi mencapai 10.978 meter.

BACA JUGA:

Direktur Operasi HKA Martin Nababan menyatakan bahwa UP Bangkinang telah melakukan sejumlah inovasi dalam meningkatkan siklus pengecoran melalui pengoptimalisasian waktu setting beton yang lebih efisien.

“Dalam penggunaan metode efisiensi ini, UP Bangkinang dapat mencapai siklus fabrikasi yang lebih cepat 2 hingga 3 kali lipat dengan hasil yang kuat hingga 60-70%. Efisiensi waktu dan kualitas yang dijaga oleh UP Bangkinang, memberikan dampak positif ke beberapa proyek JTTS yang di supply oleh HKA, diantaranya tercapainya pekerjaan proyek dengan tepat waktu, juga ketercapaian progres yang signifikan di awal proyek karena sembari proyek melakukan pekerjaan persiapan mereka sudah bisa memesan kebutuhan precast” ujar Martin.


Ilustrasi - Precast berupa PCI Girder yang terpasang di Jalan Tol Trans Sumatera yang diproduksi PT Hakaston (HKA)-Credit Image: HKA-

Sementara itu selain kekuatan yang meningkat serta efisiensi waktu pekerjaan, inovasi yang telah dilakukan di seluruh UP Precast khususnya UP Bangkinang telah menghasilkan produk precast yang memiliki kualitas terbaik.

“Seluruh produk precast kami yang terpasang di ruas JTTS memiliki kualitas expose yang mulus dengan tekstur asli beton, sehingga produk kami mendapatkan kepuasan dari owner. Dengan efisiensi waktu dan kualitas unggulan, produk akhir memiliki keunggulan seperti hasil yang presisi sesuai dengan spesifikasi dan standar yang tinggi, juga kemudahan dalam instalasi” ujar Martin menambahkan.

BACA JUGA:

HKA sejak tahun 2016 telah fokus di bidang penyediaan aspal hotmix, readymix dan precast dalam pemenuhan pembangunan JTTS. Berbagai inovasi dan pengembangan bisnis terus dilakukan salah satunya adalah langkah perusahaan yang melakukan transformasi bisnis dibidang penyediaan Jasa Layanan Operasi (JLO) Jalan Tol sejak tahun 2022 lalu. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: