Begini Sejarah dan Tema Hari Pahlawan 10 November 2023

Begini Sejarah dan Tema Hari Pahlawan 10 November 2023

Ucapan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2023--freepik.com

FIN.CO.ID- Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November setiap tahunnya. Peringatan ini merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang dan gugur demi merebut kemerdekaan Indonesia.

Hari Pahlawan tanggal 10 November diperingati untuk mengenang peristiwa pertempuran Surabaya pada tahun 1945 selama masa Revolusi Nasional Indonesia. 

Pertempuran ini terjadi antara pasukan Indonesia yang pro-kemerdekaan dengan pasukan Sekutu yang mencoba menguasai kembali wilayah Indonesia setelah Jepang menyerah pada Perang Dunia II.

Pertempuran Surabaya merupakan salah satu konflik terbesar dalam sejarah Indonesia, dan banyak pahlawan yang gugur selama pertempuran ini. 

BACA JUGA:


Hari Pahlawan 10 November 2023--.wallpapertip.com

Peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk menghormati jasa-jasa para pejuang kemerdekaan yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

Tanggal 10 November dipilih sebagai Hari Pahlawan karena pada tanggal ini, Bung Tomo, seorang pemimpin perlawanan rakyat Surabaya, menyampaikan pidato heroiknya yang dikenal sebagai "Sumpah Pemuda Revolusi."

Pidato ini menjadi simbol semangat juang rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan.

Sejak saat itu, Hari Pahlawan menjadi momen untuk merenungkan jasa para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan dan mengingatkan generasi muda akan pentingnya mempertahankan dan menghargai kemerdekaan yang telah dicapai.

BACA JUGA:

Tema Hari Pahlawan 2023:

Peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 mengusung tema "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan". 

Tema ini dipilih untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk merenungkan perjuangan para pahlawan yang tidak hanya memperjuangkan kemerdekaan, tetapi juga memperjuangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa.

Perjuangan para pahlawan tidak hanya berhenti pada saat Indonesia merdeka. Para pahlawan terus berjuang untuk membangun bangsa yang sejahtera dan makmur. Mereka telah memberikan teladan dan semangat kepada kita semua untuk terus berjuang demi kemajuan bangsa.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: